Dikalahkan Persija Jakarta, Borneo FC Kehilangan Dua Pemain

- Selasa, 6 Desember 2022 | 22:59 WIB
Persija berhasil kandaskan ambisi Borneo FC untuk merebut kembali posisi teratas klasemen lewat kemenangan tipis 1-0. (Foto: YouTube - Indosiar)
Persija berhasil kandaskan ambisi Borneo FC untuk merebut kembali posisi teratas klasemen lewat kemenangan tipis 1-0. (Foto: YouTube - Indosiar)

HARIANTERBIT.com - Persija Jakarta menang tipis 1-0 atas Borneo FC di pertandingan pekan ke-12 Liga 1 Indonesia yang digelar di Stadion Sultan Agung Bantul, Selasa malam 6 Desember 2022.

Akibat kekalahan ini, Borneo FC gagal wujudkan ambisi menang di laga perdana usai jeda dua bulan, dan gagal merebut kembali tempat di posisi teratas klasemen sementara Liga 1 musim 2022/23.

Tim asuhan Andre Gaspar ini awalnya bertekad menang di laga melawan tim Macan Kemayoran ini, demi melanjutkan tren positif yang sebelumnya dibukukan Borneo sejak awal musim ini. Kalah dari Persija, Borneo kini bahkan berhasil dilampaui tim ibukota tersebut.
 
Baca Juga: Saham GOTO Jeblok Sampai Mentok ke Rp 123, Erick Thohir Kembali Jadi Sorotan

Di pekan ke-12 ini, Borneo FC tertahan di posisi empat klasemen sementara dengan poin 23. Sementara Persija kini naik ke urutan tiga dengan 24 poin.

Satu-satunya gol yang tercipta dalam pertandingan ini dibukukan Firza Andika di menit 54. Tim Pesut Etam berkali-kali berusaha menyamakan kedudukan, tapi tak satupun yang membuahkan hasil, hingga laga ditutup dengan kemenangan Persija.

Borneo FC juga harus bermain dengan 10 pemain di 10 menit terakhir setelah Diego Michiels - kapten Pesut Etam, dikartu merah akibat berkelahi dengan Krmencik.
 
Baca Juga: Bareskrim Periksa Ismail Bolong Terkait Kasus Dugaan Tambang Ilegal

Borneo FC Tarik Keluar Matheus Pato

Kedua tim tampil menekan sejak awal laga, meski babak pertama harus ditutup dengan skor kacamata. 
 
Selain itu, Borneo FC juga harus menarik keluar Matheus Pato di menit ke-11 akibat cedera. Gaspar pun mainkan Ahmad Hardianto untuk gantikan posisi Pato.

Borneo FC pun tampil melemah setelah Pato keluar dari pertandingan. Persija pun berusaha memanfaatkan situasi ini.

Babak Pertama Persija Jakarta vs Borneo FC Berakhir 0-0

Persija mendapat peluang gol di menit 15 saat Abdulla Yusuf Helal berusaha memanfaatkan umpan silang Rio Fahmi. Namun, peluang ini masih melebar dari gawang Borneo.
 
Baca Juga: Proyek Food Estate Prabowo Terancam Mangkrak, Tak Ada Petaninya

Upaya yang dilakukan Persija dan Borneo tak juga membuahkan hasil hingga turun minum, dan laga di babak pertama berakhir 0-0.

Upaya yang dilakukan tim Macan Kemayoran membuahkan gol di awal babak kedua. Saat itu Firza Andika berhasil memanfaatkan umpan Krmencik yang langsung bersarang di gawang Angga Saputro di menit 54. GOL!!.

Persija yang berhasil amankan keunggulan di babak kedua pertandingan ini, berusaha keras untuk menambah koleksi gol mereka. Sementara Borneo FC pun berusaha mengejar ketertinggalan mereka di sisa pertandingan, namun mereka gagal menyelesaikan peluang yang tercipta.
 
Baca Juga: Maklumat Abu Bakar Rieger: Zaim Saidi Diberhentikan Sebagai Amir Indonesia

Diego Michiels Kartu Merah!

Setelah gawangnya dibobol lawan, kapten Borneo FC Diego Michiels juga harus tinggalkan lapangan di menit 79 setelah berkelahi dengan Krmencik.

Kedua pemain memang sudah bermasalah terjadi sejak awal laga, Krmencik sempat menjegal Diego hingga ia menjatuhkan dirinya di atas tubuh Diego. Tingginya tensi menambah persaingan kedua tim semakin sengit di akhir laga.

Puncaknya, Diego meludahi tengkuk Krmencik yang dibalas dengan aksi sama oleh Krmencik. Ia bahkan tampak meludahi wajah Diego. Akibatnya, Diego naik pitam dan menampar wajah Krmencik, hingga pemain itu berguling-guling kesakitan.
 
Baca Juga: Roy Keane Kecam Selebrasi Tarian Brasil saat Cetak Gol ke Gawang Korsel

Kedua pemain kemudian dipisahkan beberapa rekan mereka, dan wasit pun mengeluarkan kartu merah untuk Diego dan kartu kuning untuk Krmencik. Saat akan tinggalkan lapangan, Diego berbalik ke arah Krmencik dan memukul bagian tengkuk pemain asal Ceko itu berkali-kali. Aksi ini sempat membuat panas pemain Persija, meskipun akhirnya bisa diredam.

Susunan Pemain

Persija Jakarta
Andritany (C), Rio Fahmi, Yusuf, Behrens, Firza, Kudela, Sjahbandi, Resky Fandi, Riko Simanjuntak, Krmencik, H Hehanussa.

Borneo FCAngga Saputro, Mattheus Pato, Kei Hirose, Jonathan Bustos, Hendro, Lilipaly, Leo Guntara, Javlon, Diego Michiels, Fajar, Sihran. ***

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Dukung Arema FC

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:35 WIB

Chelsea Kembali Datangkan Pemain Baru di Januari Ini

Senin, 30 Januari 2023 | 12:25 WIB

Madrid Ditahan Sociedad, Begini Kata Ancelotti

Senin, 30 Januari 2023 | 10:28 WIB
X