Berhasil Singkirkan Wakil Asia, Neymar Berpotensi Rusak Rekor Pele

- Selasa, 6 Desember 2022 | 22:06 WIB
Neymar Jr. (instagram @fifaworldcup)
Neymar Jr. (instagram @fifaworldcup)

 

HARIANTERBIT.com - Satu gol yang disumbangkan Neymar ke gawang Korea Selatan membuat Neymar berpotensi merusak legenda hidup Brasil, Pele, sebagai pencetak gol terbanyak bagi Selecao.

Brasil menjadi kesebelasan terakhir yang membuat tim asal Asia tak tersisa di Piala Dunia 2022. Itu tak lepas setelah skuad asuhan pelatih Adenor Leonardo Bacchi membungkam Korea Selatan dengan skor 4-1 pada babak 16 besar di Stadium 974, Doha, Qatar, Selasa (6/12/2022).

Dalam laga tersebut, masing-masing gol kemenangan Brasil dicetak di babak pertama. Vinicius Junior menjadi aktor kesuksesan Selecao, julukan Brasil, setelah pemain milik Real Madrid itu mencetak gol pembuka saat laga baru berjalan tujuh menit.

Baca Juga: The Weeknd jadi Pengisi Soundtrack Film Avatar 2: The Way of Water

Kemudian giliran Neymar mencatatkan namanya di papan skor melalui tendangan penalti pada menit ke-13. Ambisi besar Brasil kian terlihat ketika Richarlison dan Lucas Pacqueta masing-masing menyumbang satu gol sebelum turun minum, yakni pada menit ke-29 dan 36.

Keunggulan 4-0 bertahan hingga babak pertama usai. Dan di sisa paru kedua, Korea Selatan akhirnya mampu menjebol rapatnya barisan pertahanan Selecao melalui Seung Ho Paik menit ke-76. Hingga laga bubar, skor 4-1 bertahan bagi keunggulan Brasil.

Berbicara ihwal kemenangan yang dipetik Selecao, sorotan mengarah kepada Neymar. Meski hanya menyumbang satu gol melalui titik penalti, gol tersebut membuatnya mulai memperketat rekor gol sang legenda, Pele. Adapun dirinya tinggal selangkah untuk menyamakan catatan rekor golnya.

Baca Juga: Kylie Suyoto Kwok Persembahkan Emas Ketiga bagi Indonesia di Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022

Gol kontra Korea Selatan adalah gol ke-76 dalam penampilan ke-123 Neymar untuk Brasil. Sejauh ini, dia masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak ke-2 sepanjang sejarah Timnas Brasil.

Di atas Neymar, hanya ada Pele, yang mencetak 77 gol dalam 92 penampilan untuk Brasil selama periode 1957-1971. Maka, dengan tambahan satu gol lagi, Neymar akan sejajar dengan Pele. Dengan dua gol, Neymar akan menjadi pemegang rekor yang baru.

Kendati begitu, Neymar enggan membahas catatan itu. Sebaliknya, kemenangan yang diraih Selecao dipersembahkan olehnya beserta kolega kepada Pele yang saat ini menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Pele sebelumnya mengirim pesan kepada rekan senegaranya jelang pertandingan. Pemenang Piala Dunia tiga kali itu mengatakan di media sosial bahwa dia akan menonton pertandingan dari rumah sakit di Sao Paulo tempat dia dirawat minggu lalu.

Ada kekhawatiran besar atas kesehatan pria berusia 82 tahun itu ketika outlet berita di Brasil melaporkan bahwa dia telah dipindahkan ke perawatan paliatif.

Baca Juga: Jakarta Siap Selenggarakan MGMAC 2023 dan Dukung Keketuaan Indonesia di Asean 2023

Namun, kabar terbaru dari dokter tentang pengobatannya untuk kanker usus besar diikuti dengan pesan di halaman Instagram Pele bahwa dia "kuat" dan meminta untuk tenang.

Putrinya, Kely Nascimento, juga mengatakan kepada Fantastico: “Sekitar tiga minggu yang lalu dia terkena COVID. Dia divaksinasi, dengan semua vaksin, tetapi karena obat kanker, kemoterapi yang rapuh, dia terkena infeksi paru-paru.

“Makanya dia masuk rumah sakit, karena infeksi paru-paru. Apakah dia serius? Ini serius, karena dia pada usia tertentu, dia sedang mengobati kanker.”

Baca Juga: Korban Rekayasa Kasus Pembunuhan Brigadir J Menangis di Sidang, Ferdy Sambo Minta Maaf Begini

Menjelang pertandingan babak 16 besar Senin malam, Pele mengenang debutnya di Piala Dunia 1958, ketika pemain berusia 17 tahun itu membantu Brasil mengangkat Trofi Jules Rimet di Swedia.


BERIKUT DAFTAR PENCETAK GOL TERBANYAK BRASIL
77 - Pele (92 pertandingan)
76 - Neymar (123 pertandingan)
62 - Ronaldo (98 pertandingan)
56 - Romario (70 pertandingan)
48 - Zico (71 pertandingan)

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Dukung Arema FC

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:35 WIB

Chelsea Kembali Datangkan Pemain Baru di Januari Ini

Senin, 30 Januari 2023 | 12:25 WIB

Madrid Ditahan Sociedad, Begini Kata Ancelotti

Senin, 30 Januari 2023 | 10:28 WIB
X