Portugal vs Swiss di Babak 16 Besar Piala Dunia 2022: La Nati Tak Gentar

- Selasa, 6 Desember 2022 | 00:55 WIB
Bruno Fernandes dan Xherdan Shaqiri.
Bruno Fernandes dan Xherdan Shaqiri.

HARIANTERBIT.com - Pekan sengit bakal dilakoni Swiss. Mengarungi babak 16 besar, tim berjuluk La Nati akan menghadapi salah satu favorit peraih gelar Piala Dunia 2022, Portugal, di Lusail Iconic Stadium, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB.

Sikap tersebut dituangkan langsung sang pelatih Murat Yakin. Menurut dia banyak cara untuk memberikan kejutan dengan mengalahkan Portugal di babak 16 besar. "Portugal? Jika kami bermain dengan baik dan jika taktik kami berhasil, segalanya mungkin terjadi," kata dia dikutip Record.

Keyakinan juga dituangkan salah satu pemain senior nan berpengalaman Swiss, Xherdan Shaqiri. Kendati demikian, ia turut meminta kepada rekan satu timnya agar konsentrasi penuh dan tak meremehkan para pemain Selecao das Quinas, julukan Portugal.

Baca Juga: Tampil Dewasa di Kupu-kupu Malam, Michelle Ziudith Bikin Pangling

Terutama mengenai performa dari sang superstar, Cristiano Ronaldo. Shaqiri beranggapan, meski produktivitas golnya kurang terlihat, namun peranan pemain berusia 37 tahun itu membawa aura positif bagi Selecao das Quinas.

"Orang ini bisa mencetak gol setiap saat, setiap menit, dia memiliki pengalaman dan semua orang tahu betapa pentingnya dia untuk Portugal dan timnya. Kami juga harus mengenal pemain lain karena bukan hanya Ronaldo," jelas Shaqiri.

Di lain sisi, Fernando Santos selaku pelatih kepala timnas Portugal, mendapat kabar positif setelah gelandangnya, Otavio Monteiro akan fit dan siap diturunkan untuk laga babak 16 besar melawan Swiss.

Setelah absen dalam dua pertandingan terakhir karena cedera paha, sang gelandang kembali berlatih bersama rekan setimnya. Begitu pun dengan Danilo Pereira berangsur membaik usai diterpa patah tulang.

Namun, Santos turut berpikir hal serupa dengan Swiss. Bahwa calon penantang akan berusaha menjegal perjalanan Portugal. Untuk itu sang juru taktik meminta kepada seluruh para pemain agar konsentrasi penuh selama permainan berlangsung.

Baca Juga: Bantuan Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur Rp10 hingga Rp50 Juta, Begini Kriterianya

"Mereka (Swiss -red) adalah tim yang mencoba keluar dan bermain untuk menggunakan semua kekuatannya. Mereka sangat terorganisir dengan baik, mereka tahu apa yang mereka inginkan dalam permainan," kata Santos.

"Tetapi kami telah melakukan hal-hal yang sangat baik dan satu atau detail lain yang belum kami lakukan dengan baik. detail yang kami pikirkan, kami banyak membicarakannya. Perlu untuk mengalahkannya," tegas dia mengakhiri.

JADWAL PERTANDINGAN
HARI/TGL: Rabu, 7 Desember 2022
WAKTU: 02.00 WIB
LIVE:
TEMPAT: Lusail Iconic Stadium

PERKIRAAN FORMASI

PORTUGAL (4-3-1-2): COSTA; GUERREIRO, PEPE, DIAS, CANCELO; NEVES, CARVALHO, BERNARDO; BRUNO; RONALDO, FELIX
Pelatih: Fernando Santos

SWISS (4-2-3-1): SOMMER; RODRIGUEZ, ELVEDI, AKANJI, WIDMER; XHAKA, FREULER; VARGAS, SOW, SHAQIRI; EMBOLO
Pelatih: Murat Yakin

Editor: Arbi Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arema FC Resmi Berpisah dengan Javier Roca

Selasa, 7 Februari 2023 | 12:35 WIB

Real Madrid Minus Benzema di Piala Dunia Antarklub

Selasa, 7 Februari 2023 | 06:37 WIB

David de Gea Optimis Soal Kontraknya di Old Trafford

Senin, 6 Februari 2023 | 12:50 WIB

Aubameyang Dirumorkan Merapat ke Milan

Senin, 6 Februari 2023 | 11:05 WIB

Inter 1-0 Milan, Nerazzurri Dominasi Derby

Senin, 6 Februari 2023 | 10:40 WIB
X