Prancis ke Perempatfinal, Mbappe Langsung Top Skor di Piala Dunia 2022

- Senin, 5 Desember 2022 | 06:06 WIB
Kylian Mbappe bermain gemilang mencetak dua gol dalam laga Prancis vs Polandia yang berakhir 3-1. (foto: instagram @fifaworldcup)
Kylian Mbappe bermain gemilang mencetak dua gol dalam laga Prancis vs Polandia yang berakhir 3-1. (foto: instagram @fifaworldcup)

HARIANTERBIT.com - Prancis menjadi tim ketiga yang mengamankan tempat di perempatfinal Piala Dunia Qatar setelah mengalahkan Polandia dengan skor 3-1 di pertandingan ketiga babak 16 besar di Al Thumama Stadium, Minggu malam 4 Desember 2022.

Kylian Mbappe mencetak dua gol membuat namanya naik ke puncak pencetak gol terbanyak Oiala Dubia 200. Ia melewati Messi (Argentina),
Alvaro Morata (Spanyol), Marcus Rashford (Inggris), Cody Gakpo (Belanda), dan Enner Valencia (Ekuador) yang afa di posisi dua dengan masing-masing tiga gol. 

Meski demikian tak mudah bagi Prancis meraih tiket ke babak selanjutnya di fase knockout ini, karena Polandia  harus diakui bermain lebih bagus dari apa yang mereka lakukan di laga melawan Argentina di fase grup.

Prancis baru bisa memecah kebuntuan di laga ini pada menit ke-44 saat Olivier Giroud berhasil memanfaatkan umpan Kylian Mbappe dan membuat Perancis unggul 1-0.

Baca Juga: Trailer Indiana Jones and The Dial of Destiny jadi Bahan Diskusi Penggemar Soal Penjelajah Waktu

Skor ini kemudian digandakan Mbappe di menit 74 yang sukses memanfaatkan umpan Ousmane Dembele. Bintang PSG ini pula yang mencetak gol ketiga Perancis di menit 90+2 sesaat setelah ia mendapat umpan dari Marcus Thuram.

Lewat brace-nya malam ini, Kylian Mbappe untuk sementara bertengger di daftar pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2022 dengan empat gol - yang sekaligus berhasil samai koleksi golnya di Piala Dunia 2018.

Gawang Prancis gagal clean sheet setelah Polandia mendapat hadiah penalti setelah Dayot Upamecano lakukan handball. Eksekusi penalti yang harus diulang akhirnya membuahkan gol penghibur bagi Polandia lewat tendangan Lewandowski dari titik putih di menit 99.

Baca Juga: Neymar is Back! Jalani Latihan dan Siap Tampil Lawan Korsel

Prancis Buka Peluang Gol Sejak Menit Awal

Dalam laga ini, Perancis bahkan sudah mendapat peluang gol saat laga baru berjalan empat menit. Lewat umpan sepak pojok Griezmann, Varane mencoba memanfaatkan bola dengan sundulan kepala. Sayangnya bola gagal bersarang di gawang lawan.

Kiper Polandia, Wojciech Szczesny, berhasil lakukan penyelamatan gemilang di menit 13 saat Aurelien Tchouameni lancarkan ancamannya ke gawang Polandia. Begitu juga dua menit kemudian, saat kerja sama Griezmann dan Olivier Giroud berhasil dipatahkan Szczesny.

Giliran Ousmane Dembele yang mendapat peluang gol di menit ke-17. Namun tembakan kaki kirinya lagi-lagi berhasil diblokir Szczesny.

Baca Juga: Misteri Gunung Semeru: Erupsi Pada Tanggal yang Sama, 4 Desember 2021 dan 2022

Polandia Tetap Ancam Gawang Hugo Lloris

Polandia dapatkan peluang pertamanya di laga ini pada menit ke-21 lewat aksi Lewandowski. Sayang tendangan jarak jauhnya dari luar kotak penalti masih melebar.

Lewandowski kembali mendapat peluang gol dari posisi set-piece di menit 33. Namun tendangan bebas yang dilakukannya membentur pagar pemain. GAGAL LAGI!

Penyelamatan gemilang kembali dilakukan Hugo Lloris di menit 38, sebelum akhirnya Varane juga ikut lakukan penyelamatan  dengan memblokir bola liar yang nyaris bersarang di gawang Prancis.

Tiga peluang bertubi-tubi yang dilakukan Bereszynski, Zielinski dan Kaminski itupun gagal membuahkan hasil untuk Polandia.

Baca Juga: Arsenal Hadapi AC Milan dan Lyon di Dubai Super Cup 2022, Simak Jadwalnya

Alih-alih menjebol gawang Lloris, Polandia malah kebobolan di menit 44. Upaya skuad Les Bleus membuahkan hasil saat Olivier Giroud berhasil sarangkan umpan Kylian Mbappe dengan kaki kirinya ke gawang Polandia.

Harus diakui, Polandia tampil lebih baik di laga ini dibandingkan di laga terakhir mereka melawan Argentina. Mereka lakukan banyak tekanan di sepertiga terakhir lapangan yang harusnya bisa membuat  mereka memimpin.

Polandia harusnya bisa menyamakan kedudukan di menit 72. Namun Glik gagal menyarangkan umpan tendangan bebas Zielinski karena sundulannya hanya melambung di atas gawang Prancis.

Baca Juga: Percaya Diri

GOL! Mbappe berhasil gandakan kemenangan Perancis di menit 74 sesaat setelah ia berhasil memanfaatkan umpan Dembele yang datang dari sayap kanan. 2-0 Untuk Prancis!

Polandia gagal mengejar ketertinggalan mereka, gawang Szczesny malah kembali kebobolan saat Mbappe berhasil mencetak gol ketiga Prancis di menit 92 usai mendapat umpan dari Marcus Thuram.

Namun, gawang Prancis kebobolan gol Polandia yang mendapat hadiah penalti setelah Dayot Upamecano lakukan handball. Eksekusi penalti Robert Lewandowski ini sempat diulang, hingga akhirnya bola bersarang di gawang Prancis di menit 99.***


Susunan Pemain

Perancis (4-2-3-1): 
Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane, Dayou Upamecano, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, Olivier Giroud.

Polandia (3-4-3): Wojciech Szczesny; Bartoz Bereszynski, Kamal Glik, Jakub Kiwior; matty Cash, Sebastian Szymanski, Grzegorz Krychowiak, Przemyslaw Frankowski; Piotr Zielinsski, Jakub Kaminski, Robert Lewandowski. ***

Keyword: Timnas Polandia, Timnas Perancis, Piala Dunia, Robert Lewandowski, Olivier Giroud, Kylian Mbappe

Halaman:

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Dukung Arema FC

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:35 WIB

Chelsea Kembali Datangkan Pemain Baru di Januari Ini

Senin, 30 Januari 2023 | 12:25 WIB

Madrid Ditahan Sociedad, Begini Kata Ancelotti

Senin, 30 Januari 2023 | 10:28 WIB
X