Piala Dunia 2022: Jalan Terjal Wakil Asia Lawan Negara Favorit

- Senin, 5 Desember 2022 | 00:15 WIB
Kapten Timnas Korsel, Heung Min So.
Kapten Timnas Korsel, Heung Min So.



HARIANTERBIT.com - Pekan sengit bakal dilakoni dua tim tersisa yang mewakili Asia, Korea Selatan dan Jepang. Keduanya saling baku hantam dengan kesebelasan favorit dalam gelaran Piala Dunia 2022.

Korea Selatan yang berstatus sebagai runner-up Grup H, mendampingi Portugal untuk melaju ke babak 16 besar. Namun, selepas berjuang total di fase grup, skuad asuhan pelatih Paulo Bento kembali dihadapkan dengan laga sulit.

Mereka akan menghadapi Brasil yang notabene salah satu tim favorit peraih trofi juara Piala Dunia 2022 pada babak 16 besar. Adapun kedua tim saling baku hantam untuk memperebutkan kemenangan di Stadium 974, Doha, Qatar, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB.

Baca Juga: PVMBG: Luncuran Awan Panas Gunung Semeru Mencapai 13 Kilometer Kebih

Kendati akan menghadapi pertandingan yang sangat sulit, tim Negeri Ginseng tak gentar dengan kekuatan Selecao, julukan Brasil.

Rasa optimis ditumpahkan sang kapten, Heung-Min Son. Ia yakin Korea Selatan mampu menciptakan keajaiban lagi dengan mengalahkan Brasil.

Korsel nyaris tersingkir sebelum Hwang Hee-chan diturunkan pada masa injury time dan mencetak gol kemenangan 2-1 melawan Portugal yang sudah dipastikan lolos.

Hasil itu membawa mereka ke fase gugur dan mengatur pertemuan dengan Brasil, salah satu favorit di turnamen.

Baca Juga: Neymar is Back! Jalani Latihan dan Siap Tampil Lawan Korsel

"Ini (mengalahkan Portugal -red) luar biasa tapi turnamen kami belum usai. Kami selalu bicara soal mencapai 16 besar sebagai tujuan kami tapi kami sekarang harus mencoba melampauinya. Saya harap kami dapat menciptakan keajaiban lagi," katanya dikutip AFP.

Kapten Timnas Jepang, Maya Yoshida. (Pegaso Newsport)


Jepang vs Kroasia

Ditempat terpisah, ujian juga akan dilakoni satu wakil Asia lainnya, Jepang. Berstatus sebagai juara Grup E, tim berjuluk Samurai Biru ditantang finalis Piala Dunia 2018, Kroasia pada babak 16 besar yang berlangsung di Al Janoub Stadium, Al Wakraf, Senin (5/12/2022) malam WIB.

Hajime Moriyasu selaku pelatih Jepang menegaskan pihaknya tak gentar saat menghadapi The Vatreni dalam memburu tiket ke babak perempatfinal.

Baca Juga: Erupsi Semeru, BNPB: 1.979 Jiwa Diungsikan ke 11 Titik

Ia mengaku sudah mempersiapkan taktik khusus, terutama dengan menekankan permainan cepat seperti yang dilakukan saat menekuk Spanyol di pekan terakhir Grup E.

"Para pemain tidak menganggap diri mereka sebagai pemain inti atau pemain pengganti dan saya juga tidak. Tentu saja ada persaingan untuk memperebutkan tempat dan kami harus memiliki semacam hierarki, tetapi secara umum mereka semua adalah pemain reguler," jelasnya.

"Konsep yang kami miliki sebagai tim adalah bertahan dengan baik dan dari sana kami membangun serangan. Begitulah cara kami sampai di sini dan itu tidak berubah selama tiga pertandingan di Piala Dunia ini. Kami harus melihat berapa banyak bola yang kami dapatkan," ujar Moriyasu mengakhiri.

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Indonesia Masters 2023 Memasuki Hari Ketiga

Kamis, 26 Januari 2023 | 13:50 WIB

Sam Allardyce Ungkap Bobroknya Performa Everton

Kamis, 26 Januari 2023 | 08:25 WIB

Danau Toba Siap Sukseskan F1 Powerboat 2023

Rabu, 25 Januari 2023 | 19:13 WIB

Everton Dekati Bielsa usai Pecat Lampard

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:45 WIB

Milan Dicukur Lazio, Ada Apa Rossoneri?

Rabu, 25 Januari 2023 | 07:34 WIB
X