Perancis Tinggal Selangkah Lagi Pertahankan Gelar Juara

- Minggu, 4 Desember 2022 | 20:14 WIB
Sesi latihan Timnas Perancis yang akan hadapi Polandia di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Minggu malam ini 4 Desember 2022. (Foto: YouTube - CGTN Sports Scene)
Sesi latihan Timnas Perancis yang akan hadapi Polandia di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Minggu malam ini 4 Desember 2022. (Foto: YouTube - CGTN Sports Scene)



HARIANTERBIT.com 
- Perancis tinggal selangkah lagi mempertahankan gelar juara mereka di Piala Dunia, saat mereka akan bertemu Polandia di babak 16 besar yang digelar di Al Thumama Stadium, Minggu malam 4 Desember 2022.

Les Bleus sudah amankan tiket ke babak knockout sejak pertandingan kedua fase grup, meski tak berhasil bukukan rekor kemenangan 100 persen.

Line-up mereka yang banyak berubah di laga melawan Tunisia, membuat skuad asuhan Didier Deschamps itu kalah 1-0 dari tim Eagles of Carthage tersebut.

Baca Juga: Joman: Relawan Jokowi Ada yang Sibuk Cari Duit dan Calo Politik

Meski demikian, Perancis tetap difavoritkan menang atas Polandia malam ini, yang hanya berhasil melaju ke babak sistem gugur karena selisih gol.

Itu menjadi catatan khusus bagi kedua tim, karena the Eagles belum pernah berhasil mengalahkan Perancis sejak kedua tim bertemu di sebuah laga persahabatan di tahun 1982.

Bagaimana Timnas Perancis dan Polandia Melaju ke 16 Besar?

Perancis membuka perjuangan mereka di Piala Dunia 2022 lewat kemenangan besar 4-1 atas Australia. Lalu, Les Bleus menang 2-1 atas Denmark di laga kedua.

Baca Juga: KPK Pantau Investasi Telkomsel ke GOTO, Ada Jejak Erick Thohir dan Boy Thohir?

Itulah sebabnya, Perancis berhasil amankan tempat di babak 16 besar lewat kemenangan di dua laga pertama fase grup tersebut.

Polandia kemudian lolos dari fase grup  setelah mereka unggul dalam selisih gol, setelah kantongi empat poin lewat hasil imbang 0-0 melawan Meksiko dan menang 2-0 atas Arab Saudi.

Namun di laga terakhir Grup C melawan Argentina, Polandia kalah 0-2. Mereka melaju karena posisinya tetap di urutan kedua dan hanya unggul selisih gol dari Meksiko yang berada di urutan ketiga serta sama-sama kantongi empat poin.

Baca Juga: Proyek Food Estate Prabowo Terancam Mangkrak, Tak Ada Petaninya

Berita Timnas Polandia dan Perancis

Diungkapkan SunSport, Perancis masih akan bermain tanpa bek Bayern Munich, Lucas Hernandez, yang ditarik keluar di menit ke-13 laga pembuka melawan Australia. Ia harus tinggalkan turnamen ini karena cedera ACL.

Peraih Ballon d'Or 2022, Karim Benzema, juga masih belum bisa dimainkan karena cedera paha dalam latihan sebelum turnamen empat tahunan ini dimulai.

Meski demikian, Deschamps tentu tenang-tenang saja, karena ia punya banyak pemain berkualitas dan berada dalam kondisi fit. Namun, ia diperkirakan akan lakukan beberapa perubahan dan mengistirahatkan sejumlah pemain, seperti Hugo Lloris, Olivier Giroud dan Kylian Mbappe.

Baca Juga: Komisi I DPR: Laksamana Yudo Margono Harus Tuntaskan Kasus Pidana Oknum TNI

Sedangkan dari kubu Polandia, semua pemain mereka juga tersedia dan berada dalam kondisi prima untuk laga malam ini. Pelatih Czesław Michniewicz diperkirakan akan lakukan sedikit saja perubahan di laga melawan juara bertahan malam ini, selain menurunkan kembali bintang Napoli, Arkadiusz Milik.

Pemain yang akan Jadi Bintang di Timnas Perancis dan Polandia?

Perancis, Kylian Mbappe tentunya. Ia diyakini akan berusaha menghidupkan kembali permainan tim Perancis, sementara bintang PSG itu juga tengah mengincar Sepatu Emas di ajang Piala Dunia 2022.

Dua gelandang muda, Eduardo Camavinga dan Aurelien Tchouameni, juga bisa mainkan peranan besar dalam skuad Les Bleus malam ini, di saat keduanya ingin lebih memperkenalkan diri mereka di ajang internasional.

Baca Juga: BNPB Catat 1.979 Jiwa Mengungsi akibat Awan Panas Guguran Semeru

Sementara itu Polandia, masih mengandalkan striker gaek, Robert Lewandowski. Setelah berhasil mencetak gol pertama di Piala Dunia, pemain Barcelona ini berharap menambah koleksi golnya, di samping ingin membawa timnya menang atas Perancis malam ini.

Mantan kiper Arsenal, Wojciech Szczesny, juga tampil menawan dalam turnamen di Qatar ini. Ia berhasil lakukan banyak penyelamatan gemilang di setiap laga yang dimainkannya.

Head-to-Head Perancis vs Polandia

Kedua tim sudah bertemu dalam 16 pertandingan, di mana Timnas Perancis bukukan catatan lebih baik lewat delapan kemenangan.

Baca Juga: Bareskrim Maksimalkan Penyitaan Aset Tersangka Investasi Bodong Robot Trading Net89

Termasuk di antara delapan kemenangan ini adalah, pertemuan terakhir Timnas Perancis dan Polandia pada tahun 2011.

Saat itu, gol bunuh diri pemain Polandia, Tomasz Jodlowiec, membuat Perancis menang 1-0 di laga persahabatan yang digelar Juni 2011.

Meski demikian, Polandia juga pernah mengalahkan Perancis dalam lima pertemuan, dan bukukan tiga hasil imbang.

Meski demikian, dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 malam ini, Perancis diprediksi menang 1-0 atas Polandia. ***

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Indonesia Masters 2023 Memasuki Hari Ketiga

Kamis, 26 Januari 2023 | 13:50 WIB

Sam Allardyce Ungkap Bobroknya Performa Everton

Kamis, 26 Januari 2023 | 08:25 WIB

Danau Toba Siap Sukseskan F1 Powerboat 2023

Rabu, 25 Januari 2023 | 19:13 WIB

Everton Dekati Bielsa usai Pecat Lampard

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:45 WIB

Milan Dicukur Lazio, Ada Apa Rossoneri?

Rabu, 25 Januari 2023 | 07:34 WIB
X