Tujuh Momen Suporter yang Paling Mengesankan di Piala Dunia 2022

- Minggu, 4 Desember 2022 | 08:38 WIB
Suporter Jepang selalu siap bersih-bersih usai menyaksikan pertandingan.
Suporter Jepang selalu siap bersih-bersih usai menyaksikan pertandingan.


HARIANTERBIT.com - Seperti yang sudah-sudah, suporter selalu membuat sebuah turnamen - apalagi seakbar Piala Dunia, menjadi sangat berwarna.

Dan, di Piala Dunia 2022 ini - yang untuk pertama kalinya digelar di Timur Tengah dan di akhir tahun, uniknya tingkah-polah suporter pun tidak berbeda.

Terlepas dari berbagai kontroversi penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar, termasuk masalah akomodasi yang tak disebutkan harganya, suporter dari berbagai belahan dunia telah menciptakan suasana karnaval yang penuh suka-cita.

Berikut ini berbagai hal terkait suporter yang jadi sorotan sejauh penyelenggaraan Piala Dunia 2022, seperti yang dilansir dari The National News:

Dukungan pada perjuangan rakyat Palestina terus muncul hampir di setiap pertandingan di Piala Dunia 2022.


Dukungan untuk Perjuangan Rakyat Palestina

Seorang suporter Uruguay mengangkat tinggi-tinggi sebuah kaos yang bertuliskan dukungan untuk kemerdekaan rakyat Palestina selama pertandingan antara tim nasional negaranya melawan Portugal di Lusail Stadium.

Rakyat Palestina barangkali sering merasa bahwa dunia kerap melupakan perjuangan mereka. Tetap tak jelas kewarganegaraan mereka selama lebih dari tujuh dekade terakhir, sangat sedikit yang bisa terbang ke Qatar, meskipun Qatar mengijinkan kedatangan suporter dari Israel maupun Palestina.

Namun, pesan dukungan terhadap Palestina tampak di tribun penonton - bahkan hampir di setiap pertandingan fase grup Piala Dunia 2022 ini.

Suporter Arab maupun suporter dari tim lain - termasuk beberapa di antaranya dari Amerika Selatan, telah tunjukkan dukungan mereka terhadap rakyat Palestina.

Seseorang yang diduga mirip Neymar diburu warga yang meminta foto bareng, walau belakangan disebut-sebut dia bukan Neymar yang asli.


Dia Bukan Neymar!

Neymar menjadi salah satu pesepakbola dunia yang paling terkenal, dan saat ini dia berada di Doha. Namun, orang yang mirip Neymar dan tampak berjalan-jalan di ibukota Qatar, lalu dikerumuni banyak orang yang melintas, ternyata bukanlah Neymar.

Fox Sports bahkan percaya, orang itu adalah bintang PSG dan Timnas Brasil tersebut - yang saat ini harus absen karena cedera engkel, dan dia terganggu dengan banyaknya suporter yang memintanya untuk selfie.

Fox bahkan mengaku, mereka berhasil 'mendapatkannya', seperti banyak suporter lain. Namun tak jelas, hingga dua pria yang tampak menjadi pengawal dan 'Neymar' yang melewati kerumunan warga diperkirakan bukan Neymar, cuma mirip doang!

Line Dancing suporter Meksiko yang ramaikan suasana di luar stadion.


Line Dancing Beri Suporter Meksiko Tambahan Energi

Fans Meksiko termasuk yang tak pernah bisa menahan diri saat mereka menghadiri sebuah pertandingan sepak bola.

Mereka lakukan flashmob dadakan, yang harus diakui menarik dan melibatkan lebih dari 100 suporter asal Meksiko tersebut. Aksinya, menggelar tarian tradisional mereka.

Aksi fans Meksiko ini juga membuat banyak suporter lain yang langsung menjepretkan kamera mereka.

Warga Meksiko terbang ke Qatar dengan menempuh jarak lebih dari 10 ribu kilometer, dan aksi mereka sangat menyenangkan untuk ditonton.


Doha Dabke vs Tarian Samba Brasil

Ini pertandingan persahabatan antara tarian suporter Arab dan Brasil di luar sebuah stadion di Doha.

Aksi tarian dabke versus samba Brasil ini bahkan sempat tersebar luas di dunia maya.

Dabke merupakan tarian rakyat yang berasal dari Mediterania Timur, dan sekarang kerap dilakukan di pesta-pesta pernikahan negara-negara Teluk. Sedangkan samba, sudah pasti tahu dong!

Seorang suporter Timnas Jepang usai pertandingan.


Suporter Jepang Tetap yang Paling Rapi

Orang Jepang dijuluki sebagai suporter sepak bola yang paling perhatian di dunia, karena mereka kerap membersihkan area stadion usai pertandingan.

Apakah saat mereka menang atas Jerman, atau kalah dari Kosta Rika, fans asal Jepang tetap bersih-bersih usai pertandingan, dan sangat sopan.

Suporter Jepang yang memiliki tiket laga pembuka antara Qatar kontra Ekuador - dan bukan negara mereka yang bertanding, bahkan tetap bersih-bersih stadion usai pertandingan. Wah!

Energi Suporter Timur Tengah

Ada penampilan yang mengesankan dari tim-tim regional di Piala Dunia kali ini, di mana Arab Saudi, Maroko dan Iran seluruhnya tampil mengesankan di lapangan.

Namun, suporter mereka juga membawa energi yang seakan tak pernah padam ke jalan-jalan di kota Doha - yang tentunya jarang terlihat di kota itu sebelumnya.

Kawasan pertokoan di Doha, Souq Waqif, menjadi titik temu para suporter tersebut, yang bahkan bisa lakukan selebrasi hingga tengah malam, ramai dengan drum dan nyanyian mereka.

Meski demikian, selebrasi ini berlangsung aman, dan tak ada masalah, tak seperti di beberapa turnamen sebelumnya.

Suasana yang Ramah

Media Inggris ramai-ramai menghujat ketersediaan dan harga bir menjelang dibukanya Piala Dunia 2022.

Faktanya, suporter bisa membeli minuman apapun yang mereka inginkan di sejumlah area khusus.

Harusnya media Inggris juga mengakui, tidak adanya alkohol yang boleh diminum di dalam stadion maupun di pusat kota Doha, telah menciptakan suasana yang ramah - dan ini sangat jarang terlihat di turnamen Piala Dunia maupun Euro sebelumnya.

Bahkan interaksi antara suporter dengan polisi, petugas keamanan dan penduduk lokal menjadi berkesan serta tidak ada duanya. ***

Editor: Arbi Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prediksi Everton Vs Arsenal: Ujian Berat The Toffees

Jumat, 3 Februari 2023 | 12:25 WIB

Belum Main, Ten Hag Terus Memuji Sabitzer

Jumat, 3 Februari 2023 | 09:10 WIB

Ke Chelsea, Enzo Pecahkan Rekor Transfer Liga Inggris

Kamis, 2 Februari 2023 | 10:40 WIB

Nicolo Zaniolo Dikabarkan Kembali ke Trigoria

Kamis, 2 Februari 2023 | 09:48 WIB
X