Secara Aklamasi, Jamintel Amir Yanto Pimpin IKASI Periode 2022-2026 Gantikan Agus Suparmanto

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:35 WIB
Jamintel Amir Yanto Pimpin IKASI Periode 2022-2026
Jamintel Amir Yanto Pimpin IKASI Periode 2022-2026

HARIANTERBIT.COM - Setelah sepakat dan melalui mekanisme aklamasi dalam Musyawarah Nasional (Munas) yang berlangsung di Bali, Sabtu (3/12/2022), akhirnya Jaksa Agung Muda Intelejen (Jamintel) Amir Yanto terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI).

Terpilihnya Jamintel Amir Yanto sebagai nakhoda baru di olahraga Anggar Indonesia, menjadi babak baru untuk membangkitkan cabor yang berlaga di SEA Games Vietnam lalu itu gagal mempersembahkan prestasi terbaiknya.

Amir Yanto menggantikan posisi Agus Suparmanto yang masih berambisi memimpin PB IKASI untuk tiga periode dalam Munas IKASI pimpinan sidang M Natsir yang dinilai banyak melakukan pelanggaran Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) IKASI.

"Bukan hanya banyak pelanggaraan AD/ART IKASI dalam Munas IKASI pimpinan M Natsir tetapi kami jelas menolak laporan pertanggungjawaban Agus Suparmanto yang dibuat hanya tahun 2022 saja. Padahal, dia berkuasa sejak tahun 2018. Dan, kami melanjutkan Munas IKASI dimana pak Amir Yanto terpilih secara aklamasi," kata Joen SP yang menggantikan posisi M Natsir sebagai pimpinan sidang Munas IKASI.

Ketua Pengprov IKASI Bengkulu itu mengungkapkan M Natsir selaku pimpinan sidang Munas IKASI bersikap otoriter dan berupaya keras untuk memaksakan Agus Suparmanto menjadi calon tunggal. Padahal, kata Joen, Amir Yanto sebagai calon Ketua Umum PB IKASI periode 2022-2026 lainnya telah memenuhi syarat dimana mendapat dukungan 30 persen suara dari 27 peserta Munas IKASI.

"Dari 27 Pengprov IKASI yang hadir itu 5 Pengprov IKASI berstatus sebagai formatur dan 2 Pengprov IKASI lagi sebagai peninjau. Namun, M Natsir memaksakan 5 Pengprov IKASI yang berstatus sebagai formatur itu punya suara. Ini jelas pelanggaran pelanggaran AD/ART IKASI dan tidak bisa dibiarkan," tegasnya.

Soal mengikuti AD/ART ini juga sudah diingatkan Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman saat membuka Munas IKASI. Dia berpesan agar para pengurus anggar menjunjung sportivitas tinggi dengan menghargai aturan organisasi, AD/ART. Para pengurus harus juga menjadi Patriot Olahraga dalam munas.

Cabang olahraga (cabor) anggar adalah salah satu cabor Olimpiade, yang mana Indonesia perlu atlet-atlet juara guna menaikkan peringkat ke lima besar pada Olimpiade 2044, menjelang 100 tahun kemerdekaan Indonesia.

Oleh karena itu, Marciano meminta anggar Indonesia harus bangkit pasca Munas IKASI Tahun 2022. “Kita tidak boleh melupakan bahwa cabang olahraga anggar ini adalah satu-satunya cabang olahraga yang (diberangkatkan) di SEA Games 2021 Vietnam kemarin tidak dapat medali,” katanya.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Dukung Arema FC

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:35 WIB

Chelsea Kembali Datangkan Pemain Baru di Januari Ini

Senin, 30 Januari 2023 | 12:25 WIB

Madrid Ditahan Sociedad, Begini Kata Ancelotti

Senin, 30 Januari 2023 | 10:28 WIB
X