FIFA Tak Setujui Penggunaan SUGBK untuk Konser Musik Jelang Piala Dunia U20 Tahun 2023

- Rabu, 30 November 2022 | 21:30 WIB
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)

HARIANTERBIT.COM - Penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebelum bergulirnya hajatan Piala Dunia U20 tahun 2023 mendatang, sudah dikoordinasikan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dengan FIFA.

Dalam koordinasi dengan FIFA itu salah satu bahasannya adalah terkait jadwal konser yang bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada tahun depan. PSSI pun mengirimkan pertanyaan kepada FIFA terkait penggunaan SUGBK tersebut. Sebab, bakal ada dua konser besar yang membutuhkan persiapan beberapa hari di SUGBK.

Namun dalam surat elektronik balasan dari FIFA yang dilihat kepada awak media menyebutkan jika badan sepakbola dunia itu tidak dapat menyetujui jadwal yang disajikan.

"Pak Ketum PSSI, setelah berkonsultasi dengan Manajemen Lapangan FIFA, kami harus menginformasikan bahwa kami tidak dapat menyetujui jadwal yang disajikan," tulis surat balasan dari FIFA yang dikirimkan oleh Christian Schmolzer, selaku Men's Tournament Manager.

"Mengadakan dua konser dengan beberapa hari kegiatan penyiapan dan pembongkaran di lapangan permainan, tentu akan membuat lapangan tertekan, yang bisa menghalangi kami untuk menerapkan program manajemen lapangan sesuai rencana," tambah surat dari FIFA itu.

FIFA juga mengingatkan Indonesia bahwa pemerintah selama ini telah membuat pernyataan dan telah mengeluarkan banyak anggaran demi menyediakan lapangan berkualitas. "Akan menjadi kontradiktif untuk membiarkan acara ini berlangsung sedekat mungkin dengan turnamen. Dengan ini, kami mohon dengan hormat untuk menyampaikan masukan kepada Manajemen Stadion GBK," pungkas surat FIFA itu.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali mengakui bahwa sudah mendapat laporan dari PSSI, sehingga dirinya pun meminta apa yang telah disarankan oleh FIFA harus dijalankan. "Ya, saya sudah dapat laporan dari PSSI. Ikuti saja aturan itu," tuturnya.

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Dukung Arema FC

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:35 WIB

Chelsea Kembali Datangkan Pemain Baru di Januari Ini

Senin, 30 Januari 2023 | 12:25 WIB

Madrid Ditahan Sociedad, Begini Kata Ancelotti

Senin, 30 Januari 2023 | 10:28 WIB
X