Menpora Amali Ingin Capaian Prestasi Indonesia Murni Tanpa Doping

- Rabu, 30 November 2022 | 21:05 WIB
Menpora Amali
Menpora Amali


HARIANTERBIT.COM - Prestasi olahraga Indonesia yang dicapai dari keikutsertaannya di berbagai kejuaraan tingkat nasional maupun internasional harus murni dan tanpa doping. Hal tersebut menjadi keinginan Menpora Zainudin Amali yang harus diikuti oleh segenap stakeholder dan induk cabang olahraga.

Keinginan tersebut diungkapkan Menpora Amali saat membuka seminar akbar yang diselenggarakan Indonesia Anti-Doping Organization (IADO) bertema Sinergi Stakeholder Dalam Mewujudkan Olahraga Indonesia Bebas Doping yang berlangsung di The Sultan Hotel Jakarta, Rabu (30/11/2022).

“Kita menginginkan prestasi olahraga Indonesia bagus ditingkat dunia. Prestasi didapatkan hasil dari pembinaan dan kerja keras, disiplin, bukan menghalalkan segala cara termasuk doping,” kata Menpora Amali.

Ia pun berharap para stakeholder olahraga dan para pimpinan cabang olahraga dapat serius mengikuti seminar ini. Sebab, mereka merupakan ujung tombak dalam cita-cita Indonesia bebas dari doping.

Keinginan Menpora Amali ini bukannya tanpa alasan, sebab sebelumnya WADA pernah membekukan sejumlah hak-hak Indonesia, di antaranya bendera negara dilarang berkibar ketika atlet Indonesia naik podium saat upacara penyerahan medali. Namun, atas kerja keras seluruh stakeholder olahraga, akhirnya sanksi tersebut dicabut pada 3 Februari 2022 lalu.

“Saat Indonesia terkena dari sanksi WADA (Badan Anti-Doping Dunia), baru kita sadar akan pentingnya pemahaman ini. Saya harap sanksi WADA sudah cukup dan mari jadikan pembelajaran. Anti-doping ini harus penting disosialisasikan. Pemimpin cabor, atlet, dan pelatih harus bisa memahaminya,” pungkas Menpora Amali.

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Dukung Arema FC

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:35 WIB

Chelsea Kembali Datangkan Pemain Baru di Januari Ini

Senin, 30 Januari 2023 | 12:25 WIB

Madrid Ditahan Sociedad, Begini Kata Ancelotti

Senin, 30 Januari 2023 | 10:28 WIB
X