Kompetisi Liga 1 Batal Berlanjut, Ini Alasannya

- Rabu, 30 November 2022 | 07:27 WIB
Rakor PSSI, PT LIB dengan Kepolisian di Mabes Polri Jakarta. (Dok. PSSI)
Rakor PSSI, PT LIB dengan Kepolisian di Mabes Polri Jakarta. (Dok. PSSI)

HARIANTERBIT.com - Harapan besar mengenai titik terang kapan Liga 1 berlanjut, gagal terealisasi ketika rapat koordinasi antara PSSI, PT Liga Indonesia Baru dan Polri menemui jalan buntu. Sejatinya, semua pihak berharap kompetisi diagendakan lanjut pada 2 Desember 2022.

Namun, dalam rakor yang membahas pemenuhan persyaratan penyelenggaraan kompetisi sepakbola Indonesia  di Markas Besar Kepolisian (Mabes Polri) masih harus merampungkan beberapa pekerjaan rumah (PR), sesuai dengan Peraturan Kepolisian No 10 Tahun 2022 yang diterbitkan Jenderal Pol  Listyo Sigit Prabowo.

Adapun Perpol Nomor 10 Tahun 2022 berisikan tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga yang terbit pada 28 Oktober 2022 bertanda tangan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Perpol disusun agar tragedi di Kanjuruhan, 1 Oktober lalu, tidak terulang.

Baca Juga: Ramalan Shio Hari Ini 30 November 2022: Shio Kelinci Percaya dengan Prosesnya

Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus mengatakan masih perlu beberapa tahap yang diselesaikan pihak terkait, baik PSSI, LIB maupun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), menyangkut standarisasi stadion yang akan digunakan dalam lanjutan kompetisi Liga 1.

"Jadi, kami belum bisa bicara kepastian kelanjutan Liga 1. Seperti pada 2 Desember 2022, 3 Desember 2022, atau seterusnya. Sebab, memang ada tahapan verifikasi yang mesti dilalui. Apalagi ada beberapa stadion yang selama ini disurvei," kata Ferry, Selasa (29/11/2022).

Sebelumnya, PT LIB berencana untuk kembali memulai Liga 1 pada 2 Desember 2022 dengan format bubble di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Baca Juga: Belanda dan Senegal Melaju ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

LIB menyediakan lima stadion untuk menjadi tuan rumah Liga 1 secara terpusat. Kelimanya adalah Stadion Jatidiri Semarang hingga Stadion Maguwoharjo Sleman.

Kelima stadion itu perlu diverifikasi, terutama Stadion Sultan Agung dan Stadion Moch. Soebroto yang belum mendapatkan jatah untuk dicek. Verifikasi akan dilakukan KemenPUPR, Kemenkes, hingga Polri.

"Terkait apakah nantinya bakal ada perubahan stadion, keputusan akan diambil begitu ada hasil verifikasi. Untuk stadion lainnya di luar bubble, akan masuk tahap verifikasi setelah ini," jelas Ferry.***

 

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Dukung Arema FC

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:35 WIB

Chelsea Kembali Datangkan Pemain Baru di Januari Ini

Senin, 30 Januari 2023 | 12:25 WIB

Madrid Ditahan Sociedad, Begini Kata Ancelotti

Senin, 30 Januari 2023 | 10:28 WIB
X