Belanda dan Senegal Melaju ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

- Rabu, 30 November 2022 | 01:41 WIB
Hadapi pertarungan sengit, Senegal akhirnya kalahkan Ekuador 2-1 dan berhak melaju ke babak 16 besar. Sedangkan Belanda menang mudah atas Qatar 2-0 dan finish di posisi teratas Grup A. (Foto: Twitter - FIFA World Cup)
Hadapi pertarungan sengit, Senegal akhirnya kalahkan Ekuador 2-1 dan berhak melaju ke babak 16 besar. Sedangkan Belanda menang mudah atas Qatar 2-0 dan finish di posisi teratas Grup A. (Foto: Twitter - FIFA World Cup)

HARIANTERBIT.com - Timnas Belanda dan Senegal dipastikan lolos fase Grup A dan melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Belanda menang mudah atas tuan rumah Qatar, 2-0, sementara Senegal harus hadapi pertandingan sengit melawan Ekuador, meski akhirnya Lions of Teranga menang 2-1 dalam pertandingan terakhir fase grup pada Selasa malam 29 November 2022.

Belanda membuka gol kemenangannya di menit 26 lewat gol Cody Gakpo. Lalu, Frenkie de Jong menggandakan keunggulan skuad Louis van Gaal di menit 49.

Baca Juga: Cho Gue Sung, Striker Korea Selatan Berprestasi dengan Visual Bak K-Pop Idol

Koulibaly Jadi Pahlawan Senegal

Sementara dalam laga sengit melawan Ekuador, bek Chelsea Kalidou Koulibaly menjadi pahlawan bagi Senegal setelah ia mencetak gol penentu kemenangan, tepat di menit 70.

Hadapi Ekuador yang juga bertekad melaju ke babak berikutnya, Senegal berhasil unggul lebih dulu lewat eksekusi penalti Ismaila Sarr di menit 44.

Senegal mendapat peluang penalti setelah Sarr dilanggar Piero Hincapie di area terlarang.

Meski demikian tim asuhan Aliou Cisse itu sempat was-was setelah Moises Caicedo berhasil membuat La Tricolor samakan kedudukan di menit 67.

Baca Juga: Terobos Ruang Sidang, Wanita Fans Pepet Ferdy Sambo di Depan Putri Candrawathi

Namun hanya tiga menit saja, Koulibaly berhasil memanfaatkan umpan tendangan bebas Idrissa Gueye dan membawa Senegal kembali memimpin 2-1 tepat di menit 70.

Bola yang semula sempat dihalau pemain Ekuador jatuh tepat di kaki Koulibaly, yang langsung disarangkannya ke gawang lawan. GOL! Keunggulan Senegal inipun bertahan hingga akhir laga.

Di klasemen akhir Grup A, Belanda berada di posisi teratas setelah menang 2-0 atas Qatar dan mengoleksi poin tujuh. Lalu Senegal berada di urutan kedua dengan enam poin, disusul Ekuador di tempat ketiga dengan empat poin dan tuan rumah Qatar di posisi juru kunci dengan nol poin.

Baca Juga: Ramalan Tarot Mingguan 29 November -5 Desember 2022 untuk 6 Zodiak: Taurus dalam Posisi Genting

Susunan Pemain

Ekuador (4-3-3): 
Hernan Galindez; Angelo Preciado, Felix Torres, Piero Hincapie, Pervis Estupinan; Alan Franco, Carlos Gruezo, Moises Caicedo; Gonzalo Plata, Michael Estrada, Enner Valencia.

Senegal (4-2-3-1): Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Kaulibaly, Ismail Jakobs, Abdou Diallo; Pathe Ciss, Pape Gueye; Iliman Ndiaye; Idrissa Gueye, Ismaila Sarr; Boulaye Dia.

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Dukung Arema FC

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:35 WIB

Chelsea Kembali Datangkan Pemain Baru di Januari Ini

Senin, 30 Januari 2023 | 12:25 WIB

Madrid Ditahan Sociedad, Begini Kata Ancelotti

Senin, 30 Januari 2023 | 10:28 WIB
X