Laga Pamungkas Grup A: Senegal Diuntungkan, Ekuador Terancam Tampil Tanpa Mesin Gol

- Selasa, 29 November 2022 | 17:53 WIB
Timnas Senegal, jika menang bisa melaju dengan mulus ke 16 bear. Kalau hanya imbang melawan Ekuador, maka mereka akan tergantung pada hasil pertandingan Qatar vs Belanda. (Foto: Twitter - FIFA World Cup)
Timnas Senegal, jika menang bisa melaju dengan mulus ke 16 bear. Kalau hanya imbang melawan Ekuador, maka mereka akan tergantung pada hasil pertandingan Qatar vs Belanda. (Foto: Twitter - FIFA World Cup)

HARIANTERBIT.com - Timnas Ekuador bertemu Senegal saat pertarungan tim-tim di Grup A hampir berakhir. Satu tim bisa lolos ke babak berikutnya, sementara satu tim lainnya akan tersingkir.

Di papan klasemen Grup A Ekuador saat ini berada di urutan kedua dan punya poin sama dengan Belanda yang bertengger di urutan teratas, yakni empat poin. Sementara Senegal ada di posisi ketiga dengan kantongi poin tiga.

Skuad Louis van Gaal akan bertemu tim tuan rumah Qatar yang sudah dipastikan tersingkir pada Selasa malam 29 November 2022, dan berpeluang menang di pertandingan terakhir fase Grup A tersebut.

Baca Juga: Survei SMRC November 2022: Elektabilitas Airlangga Hartato 1,2 Persen

Ekuador saat ini sedang di atas angin dan menuai pujian karena teknik dan gaya permainan penggawanya yang kompak. Apalagi striker Enner Valencia tampak bersenang-senang saat mencetak gol.

Sementara Senegal, mereka tak diperkuat andalan lini depan Lions of Teranga, Sadio Mane. Namun, Senegal tetap memiliki tim yang penuh dengan pemain berkualitas dan penuh percaya diri usai menjadi juara Piala Afrika tahun ini.

Bagaimana Performa Kedua Tim Jelang Laga?

Ekuador memulai turnamen ini dengan penuh gaya dan menang lewat dua gol Enner Valencia, yang kalahkan Qatar 2-0. Mereka lalu bermain imbang 1-1 melawan tim favorit juara, Belanda.

Baca Juga: Pentingnya Ilmu Beladiri, Olahraga MMA Mulai Dilirik Kaum Perempuan

Lalu Senegal, tim asuhan Aliou Cisse itu kandas 0-2 lewat dua gol Belanda di menit-menit akhir dalam laga seru dan berlangsung ketat. Namun, mereka tak hadapi tekanan berarti ketika bertemu Qatar, dan Senegal menang 3-1.

Adakah Kekhawatiran Cedera di Kedua Tim?

Dalam pertandingan malam ini, Ekuador tampaknya tak akan diperkuat kapten yang juga mesin gol mereka, Enner Valencia, setelah ia harus ditarik keluar di laga terakhir akibat cedera.

Menurut pelatih Gustavo Alfaro, Valencia sangat penting bagi timnya, tapi ia tak yakin dengan kebugaran pemain itu. Alfaro juga tak ungkapkan apakah striker tersebut bisa dimainkan di awal pertandingan, dari bangku cadangan atau sama sekali tak bisa bermain di laga melawan Ekuador.

Baca Juga: Anggota Komisi VI DPR Minta PLN Lanjutkan Program Konversi Kompor Induksi

Sedangkan Senegal, mereka tak punya kekhawatiran cedera baru - tentu saja, karena Mane sudah tak masuk dalam susunan pemain Timnas Senegal akibat cedera yang dialaminya di Bayern Munich.

Ini Dia Bintang Lapangan Kedua Tim

Timnas Ekuador pastinya punya Enner Valencia yang menjadi bintang lapangan mereka, jika dia berada dalam kondisi fit. Namun mereka masih punya Moises Caicedo yang juga tampil gemilang di dua pertandingan yang sudah mereka jalani di fase grup.

Gelandang Brighton itu tunjukkan tekel yang energik dan tangguh, serta mampu terus menghidupkan timnya dalam bermain.

Sementara Senegal, ada Boulaye Dia yang mencetak gol di pertandingan melawan Qatar dan bekerja ekstra keras di lini depan.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Laksamana Yudo Sebagai Panglima TNI, Legislator: Sosok Militer Berpengalaman

Namun dia tetap butuh dukungan Ismaila Sarr dan Krepin Diatta, yang diyakini bisa mengkreasikan sesuatu dengan gaya permainan mereka.

Head-to-Head Timnas Senegal dan Ekuador

Kedua tim baru bertemu satu kali, yakni di sebuah laga persahabatan pada tahun 2002. Ketika itu, Senegal menang 1-0 atas Ekuador.

Saat ini Ekuador sudah mengoleksi empat poin dan hanya butuh hasil imbang atau menang untuk maju ke fase berikutnya.

Jika Senegal sukses kantongi tiga poin di laga ini, maka mereka pun bisa melaju ke babak 16 besar. Namun jika meraih hasil imbang, Senegal tetap bisa melaju asalkan Qatar bisa kalahkan Belanda.***

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Dukung Arema FC

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:35 WIB

Chelsea Kembali Datangkan Pemain Baru di Januari Ini

Senin, 30 Januari 2023 | 12:25 WIB

Madrid Ditahan Sociedad, Begini Kata Ancelotti

Senin, 30 Januari 2023 | 10:28 WIB
X