Belanda Barangkali Lolos Fase Grup Piala Dunia 2022, Ekuador Masih Harus Berjuang Hadapi Senegal

- Sabtu, 26 November 2022 | 11:31 WIB
Enner Valencia mencetak gol ke gawang Belanda hingga laga berakhir imbang 1-1.  Namun The Oranje percaya diri akan lolos fase grup di posisi teratas klasemen. (instagram @fifaworldcup)
Enner Valencia mencetak gol ke gawang Belanda hingga laga berakhir imbang 1-1. Namun The Oranje percaya diri akan lolos fase grup di posisi teratas klasemen. (instagram @fifaworldcup)
HARIANTERBIT.com - Enner Valencia jadi pahlawan Ekuador setelah ia mengagalkan keunggulan Belanda dan memaksa Oranje menutup laga Belanda vs Ekuador dengan skor imbang 1-1.

Dalam laga di Grup A yang digelar di Khalifa Stadium, Sabtu dini hari 26 November 2022, itu Belanda akhirnya pasrah harus berbagi poin dengan skuad La Tricolor.

Tim asuhan Louis van Gaal tersebut tampil pede alias percaya diri di awal laga. Terlebih setelah Cody Gakpo sukses menyarangkan tendangan jarak jauhnya ke gawang Ekuador, saat laga baru berjalan enam menit.
 

Van Gaal berubah menjadi pelatih yang tampak frustrasi setelah Enner Valencia menyamakan kedudukan di menit 49.

Ekuador bahkan nyaris mencetak gol penentu kemenangan di menit 59, saat tembakan keras Gonzalo Plata hanya membentur mistar gawang tim Oranje.

Klasmen sementara Grup A Piala Dunia 2022 Qatar.
 
Skuad Louis van Gaal Tetap Teratas di Grup A

Belanda hadapi laga yang sulit akhir pekan ini setelah sebelumnya mereka menang 2-0 atas Senegal.
 
Saat ini, Belanda masih bertengger di posisi teratas klasemen Grup A, meskipun mereka memiliki poin sama dengan Ekuador yang berada di urutan kedua.

Peluang Belanda untuk tetap berada di posisi teratas grup juga tetap terbuka lebar, karena selanjutnya mereka akan bertemu tuan rumah Qatar yang kalah di dua laga pertama mereka, mendekam di posisi juru kunci grup dan sudah dipastikan angkat koper dari turnamen empat tahunan ini.
 
 
Belanda Tetap Lebih Beruntung

Posisi Belanda pun tetap menguntungkan dibandingkan Ekuador, karena La Tricolor masih harus hadapi tim kuat, Senegal, di pertandingan terakhir grup.

Senegal bisa saja menggeser Ekuador dari posisi dua, jika mereka berhasil amankan satu poin saat melawan Ekuador di laga ketiga.

Namun, Ekuador tentunya bukan lawan yang mudah. Pasalnya, tim asuhan Gustavo Alvaro itu menjadi tim yang tampil lebih baik dalam laga imbang 1-1 melawan Belanda hari ini.

Ekuador berhasil layangkan 14 kali percobaan ancaman ke gawang Belanda, sementara skuad Louis van Gaal hanya lakukan dua kali percobaan. Ekuador tampaknya memiliki lebih banyak energi dan imajinasi saat mereka hadapi tim Oranje.
 
 
Catatan Valencia dan Gakpo

Diungkapkan Daily Mail, bagi Enner Valencia ini merupakan gol ketiga yang dibukukannya di Piala Dunia. Sayangnya, ia harus meninggalkan lapangan dengan ditandu. Valencia juga terlihat mengompres salah satu lututnya di bangku cadangan usai ditarik keluar.

Sedangkan bagi Gakpo, gol ke gawang Ekuador dini hari tadi menjadi gol keduanya di Piala Dunia. Dia sebelumnya membuka gol kemenangan timnya ke gawang Senegal lewat sundulan kepala, lalu Gakpo pula yang berhasil menjebol gawang Ekuador di awal laga.

Sejauh musim ini, Gakpo memang telah menarik minat banyak tim besar. Ia sukses mencetak 13 gol dan 17 assist, sementara ia juga telah dikaitkan dengan transfer ke Manchester United. ***
 
 

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Dukung Arema FC

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:35 WIB

Chelsea Kembali Datangkan Pemain Baru di Januari Ini

Senin, 30 Januari 2023 | 12:25 WIB

Madrid Ditahan Sociedad, Begini Kata Ancelotti

Senin, 30 Januari 2023 | 10:28 WIB
X