• Selasa, 6 Desember 2022

Hasil Spanyol vs Kosta Rika: Pembantaian 7-0 dan Catatan Sejarahnya

- Kamis, 24 November 2022 | 06:11 WIB
Timnas Spanyol menang telak atas Kosta Rika di laga perdana mereka di Piala Dunia 2022. (Foto: Twitter - FIFA World Cup)
Timnas Spanyol menang telak atas Kosta Rika di laga perdana mereka di Piala Dunia 2022. (Foto: Twitter - FIFA World Cup)
HARIANTERBIT.com - Timnas Spanyol menang besar 7-0 atas Kosta Rika di pertandingan fase Grup E Piala Dunia 2022 di Thumama Stadium, Rabu malam 23 November 2022.

Dalam pertandingan ini, skuad Luis Enrique bahkan berhasil memimpin tiga gol di 30 menit pertama. Pertandingan pun terasa berat sebelah karena Kosta Rika sangat sulit lakukan serangan balik, apalagi untuk bisa menekan area pertahanan La Roja.

Akibatnya, kiper Spanyol Unai Simon lebih banyak menganggur karena permainan terfokus di area pertahanan Kosta Rika.
 
Bahkan peluang emas sudah diperoleh Timnas Spanyol saat laga baru berjalan lima menit. Namun, upaya yang dilakukan Dani Olmo masih melenceng dari sasaran.
 
Baca Juga: Dilantik Jokowi, Mardiono Jelaskan Tugas UKP Bidang Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan

Olmo yang mantan pemain Barcelona itu akhirnya berhasil menyarangkan bola ke gawang Kosta Rika yang dijaga mantan kiper Real Madrid, Keylor Navas,  di menit 12. Ia sukses memanfaatkan umpan yang disodorkan Gavi dan melewati penjagaan bek lawan. Spanyol pun memimpin 1-0!
 
Gol Dani Olmo Prestasi Tersendiri Bagi Spanyol

Gol bukan sembarang gol. Pasalnya, gol Dani Olmo ini membawa Spanyol menjadi negara ke-6 yang sukses bukukan 100 gol di ajang Piala Dunia - setelah Jerman, Brasil, Italia, Argentina dan Perancis.

Marco Asensio kemudian menggandakan skor La Roja di menit 21, lewat tendangan maut kaki kirinya yang sukses memanfaatkan umpan silang Jordi Alba.

Lalu, Ferran Torres menambah koleksi gol Timnas Spanyol dari titik putih pada menit 31, setelah Alba dijatuhkan pemain lawan di area terlarang.
 
Baca Juga: 4 Prajurit TNI AU Tersangka Penganiayaan Prada Indra Wijaya Ditahan

Gol Ferran Torres Juga Ukir Sejarah
Lewat gol ini - dalam waktu 30 menit saja La Furia Roja sudah unggul 3-0. Prestasi ini ternyata baru dua kali terjadi dalam sejarah Piala Dunia, setelah sebelumnya Brasil melakukannya pada tahun 1934.

Di awal babak kedua, Torres kembali mencetak gol saat pertandingan memasuki menit ke-55. Ia mendapat umpan dari tengah lapangan, dan terus menggiring bola mendekati gawang Navas.

Walau sempat diganggu pemain lawan dan kehilangan bola, tapi Torres berhasil merebut bola yang kemudian dilesakkannya dengan cerdik ke gawang Navas. Spanyol pun memimpin 4-0!
 
Baca Juga: Update Korban Gempa Cianjur, BNPB Sebut 271 Tewas, 40 Orang Hilang

Dua Pemain Muda Bukukan Catatan Penting
Dalam laga ini, Luis Enrique pun memberi kesempatan bermain pada wonderkid Barcelona, Alejandro Balde, dan memulai debutnya di Piala Dunia. Balde masuk lapangan di menit 64, menggantikan posisi Jordi Alba.

Balde dipanggil ke tim senior Spanyol untuk Piala Dunia Qatar, setelah Jose Gaya kembali cedera. Tentu saja, ini mimpi yang jadi kenyataan bagi bintang muda berusia 19 tahun itu!

Dalam laga ini pemain Spanyol yang baru memulai debutnya di Piala Dunia, Pablo Gavi, juga ikut mencetak gol di menit 74 dan membuat Spanyol menambah koleksinya menjadi 5-0. 
 
Ia berhasil memanfaatkan umpan Alvaro Morata, dan bukan hanya menjadi pemain termuda bagi Timnas Spanyol di Piala Dunia tetapi juga ikut memberi kontribusinya dalam kemenangan telak La Roja di laga ini.
 
Baca Juga: 7 Orang Tewas setelah Manajer Walmart Tembaki Staf Toko

Para pemain Spanyol tampaknya belum puas dalam mencetak gol. Dua pemain pengganti; Carlos Soler dan Alvaro juga ikut menyumbang gol masing-masing di menit 90 dan 92.

Berkat kemenangan telak ini Spanyol berada di puncak klasemen Grup E - di atas Jepang yang baru saja kalahkan Jerman, 2-1, dengan poin tiga. Sedangkan Kosta Rika berada di posisi juru kunci dengan nol poin.

Susunan Pemain

Spanyol (4-3-3): 
Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Rodri, Aymeric Laporte, Jordi Alba; Gavi, Sergio Busquets, Pedri; Ferran Torres, Marco Asensio, Dani Olmo.

Kosta Rika (4-4-2): Keylor Navas; Bryan Oviedo, Francisco Calvo, Oscar Duarte, Carlos Martinez; Jewison Bennette, Yeltsin Tejeda, Celso Borges, Keysher Fuller; Anthony Contreras, Joel Campbell.***

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dominik Livakovic, Tembok Kokoh Pahlawan Kroasia

Selasa, 6 Desember 2022 | 06:41 WIB

Hebi Marapu Siap Rebut Sabuk Juara di Malaysia

Senin, 5 Desember 2022 | 22:40 WIB

Target Indonesia Raih 6 Emas di Kejuaraan WJWC 2022

Minggu, 4 Desember 2022 | 22:15 WIB
X