• Senin, 5 Desember 2022

Belanda VS Ekuador, Siapa Layak Puncaki Klasemen?

- Kamis, 24 November 2022 | 00:45 WIB
Grup A putaran final Piala Dunia 2022 Qatar
Grup A putaran final Piala Dunia 2022 Qatar

HARIANTERBIT.com - Baik Belanda maupun Ekuador sama-sama bertekad memetik kemenangan demi memastikan diri siapa yang layak memuncaki klasemen saat keduanya bentrok pada pekan ke-2 Grup A di Khalifa Stadium, Jumat (25/11/2022).

Al Rayyan, HanTer - Dua tim penghuni papan atas Grup A, Belanda dan Ekuador saling baku hantam untuk memperebutkan kemenangan. Tiga angka dibidik guna memastikan siapa yang layak memuncaki klasemen sekaligus mempercepat langkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Adapun kedua kesebelasan saling baku hantam di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Qatar, Jumat (25/11/2022) dini hari WIB. Saat ini Belanda dan Ekuador sama-sama bercokol di pucuk dengan mengemas tiga poin dari satu kemenangan yang diraih di pekan pertama.

Baca Juga: Pemerintah Didorong Ajukan Banding Putusan WTO Soal Ekspor Nikel

Namun, jelang laga nanti Ekuador sedikit dirugikan. Mesin gol mereka, Enner Valencia masih diragukan untuk tampil melawan Belanda. Pasalnya, pemain berusia 33 tahun yang kini merumput bersama Fenerbahce mengalami cedera saat melakoni pekan pertama melawan Qatar.

Gustavo Alfaro selaku juru taktik, pun berharap mesin golnya itu pulih dan membantu memenangkan pertandingan krusial melawan Belanda. Dengan usia 33 tahun 16 hari, Valencia menjadi pemain tertua yang mencetak gol pembuka di satu edisi Piala Dunia.

Bila kondisi Valencia belum memungkinkan untuk tampil melawan Belanda, dirinya telah menyiapkan sejumlah pemain pengganti. Termasuk Estrada di lini depan. Saat ini, pekerjaan terpenting baginya ialah meningkatkan kolektivitas antar pemain.

Hal itu dilakukan guna menjaga asa memetik kemenangan. Sebab syarat utama Ekuador dalam mempercepat langkah menuju babak gugur ialah menang saat melawan pasukan de Oranye, julukan Belanda.

"Kalau mau ke babak knockout, kita harus finis dengan baik. Jika kita ingin melangkah lebih jauh, kita perlu meningkatkan ini. Beberapa tim, bahkan setelah memenangkan pertandingan pertama mereka, tidak lolos," kata Alfaro dikutip Daily Mail.

Baca Juga: Dilantik Jokowi, Mardiono Jelaskan Tugas UKP Bidang Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan

Di lain sisi, timnas Belanda berhasil melalui periode masa sulitnya. Tim ini kembali berpartisipasi di Piala Dunia setelah melewatkan turnamen edisi 2018.

Sejak kembali berada dibawah pimpinan Louis Van Gaal, timnas Belanda menjadi favorit untuk finis dalam puncak Grup A. Namun untuk mewujudkan itu, de Oranye harus 'melahap' setiap lawannya satu per satu. Usai menumbangkan Senegal, mereka wajib mengalahkan Ekuador pada pekan ke-2

Jelang laga nanti, Van Gaal mendapat kabar baik setelah Memphis Depay dipastikan pulih dari cedera. Sang bomber siap tampil menghadapi Ekuador. Memphis sendiri merupakan pencetak gol terbanyak pada kualifikasi Piala Dunia atas namanya dengan jumlah 12 gol.

JADWAL PERTANDINGAN
HARI/TGL: Jumat, 25 November 2022
WAKTU: 23.00 WIB
LIVE:
TEMPAT: Khalifa Stadium

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Target Indonesia Raih 6 Emas di Kejuaraan WJWC 2022

Minggu, 4 Desember 2022 | 22:15 WIB

Belanda vs AS Siapa Menang Ini Catatannya

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:51 WIB

Serbia vs Swiss: Misi Ganda Orlovi

Jumat, 2 Desember 2022 | 08:32 WIB

Rice Mulai Sesumbar Inggris Favorit Juara

Jumat, 2 Desember 2022 | 07:26 WIB

Ghana vs Uruguay: Menanti Amarah Suarez

Jumat, 2 Desember 2022 | 06:59 WIB
X