• Selasa, 7 Februari 2023

Di Konkernas PWI 2022, Menpora Amali Sebut DBON yang Tengah Berjalan Memiliki Progres Bagus

- Senin, 21 November 2022 | 21:09 WIB
Menpora Amali saat memaparkan progres  DBON di Konkernas PWI 2022 
Menpora Amali saat memaparkan progres  DBON di Konkernas PWI 2022 

HARIANTERBIT.COM - Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang dipayungi oleh Perpres No. 86 tahun 2021 tidak akan bisa tersosialisasi secara merata ke seluruh Indonesia, tanpa adanya peran jurnalis, khususnya peran dari SIWO PWI, sehingga sangat diyakini jika DBON ini akan cepat tersosialisasikan atas kerjasama serta sinergitas yang terjalin.

Hal itu diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di depan ratusan awak media yang mengikuti pemaparan progres Implementasi DBON bersama peserta Konkernas PWI 2022 yakni pengurus PWI dan SIWO se-Indonesia di Malang, pada Senin (21/11/2022).

Menpora bergelar Profesor itu juga mengatakan bahwa DBON yang tengah berjalan dibeberapa sentra di Indonesia itu memiliki progres yang bagus.

"Implementasi DBON sudah mulai kita terapkan pada Juli 2022 dengan merekrut anak-anak SD usia 12 tahun yang kita tempatkan di sentra-sentra di Indonesia, dimana mereka berlatih dengan fasilitas yang lengkap, didukung oleh laboratorium sport science, serta para pelatih yang bagus dan mereka juga sekolah, ada dokter serta psikolog juga, sehingga pada tahun 2032 bertepatan dengan Olimpiade di Brisbane, Australia, mereka sudah berada di level atlet elit nasional dan kita bisa mencapai target-target itu, tinggal kita jaga saja," ucap Menpora Amali.

Akan tetapi, selain mendapatkan ilmu keolahragaan terhadap talenta tersebut, Menpora Amali tak ingin atlet tertinggal dalam ilmu akademik yang berujung sekolahnya jadi terlantar. "Kita tidak mau mereka hanya konsentrasi untuk berlatih namun sekolahnya terlantar. Jadi sekolahnya tetap terjaga dan latihannya juga terjamin dengan baik," tambahnya.

Sinergitas yang diungkapkan Menpora Amali bukannya tanpa alasan, sebab seperti diketahui sebelumnya, pada peringatan Hari Pers Nasional tahun 2022 yang dipusatkan di Kendari, Sulawesi Tenggara, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan PWI yang ditandatangani langsung oleh Menpora Amali dan Ketua PWI Pusat Atal S. Depari.

Adapun nota kesepahaman tersebut tentang sinergi pengelolaan dan penyelarasan informasi bidang olahraga, utamanya dalam bersinergi melakukan sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang DBON.

"Sebagai pers perlu kawal DBON ini dan kita perlu sosialisasikan, karena konsepnya harus diuji dan memang bagus. Kita sudah lihat prakteknya dilapangan seperti apa yang kita raih pada saat SEA Games Vietnam lalu dimana jumlah atlet kita relatif sedikit namun mampu meraih medali yang banyak. Ini baru contoh kecil saja," ucap Atal S. Depari.

"Dan dalam proses waktu yang berjalan terus DBON ini akan mengkristal melahirkan atlet-talet kita yang andal dan berprestasi," tambah wartawan yang pernah meliput olahraga itu.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Real Madrid Minus Benzema di Piala Dunia Antarklub

Selasa, 7 Februari 2023 | 06:37 WIB

David de Gea Optimis Soal Kontraknya di Old Trafford

Senin, 6 Februari 2023 | 12:50 WIB

Aubameyang Dirumorkan Merapat ke Milan

Senin, 6 Februari 2023 | 11:05 WIB

Inter 1-0 Milan, Nerazzurri Dominasi Derby

Senin, 6 Februari 2023 | 10:40 WIB
X