• Kamis, 1 Desember 2022

Tersangka Tragedi Kanjuruhan Kemungkinan Bertambah, TGIPF Agendakan Investigasi PSSI

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 23:28 WIB
Menko Polhukam Prof. Mahfud MD yang juga merupakan Ketua Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF).
Menko Polhukam Prof. Mahfud MD yang juga merupakan Ketua Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF).


HARIANTERBIT.COM - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dipastikan akan di investigasi oleh Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) dalam waktu dekat. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua TGIPF yang juga Menko Polhukam Prof. Mahfud MD, di acara Mata Najwa yang berlangsung di Stadion GBK, Kamis (6/10/2022) malam.

"Pasti kita investigasi (PSSI-Red) dan kita sudah jadwalkan untuk di tanya," ucap Menko Polhukam Prof. Mahfud MD.

"PSSI sering sekali melakukan kesalahan-kesalahan sejak dulu, bukan hanya sekarang. Kejadian, kerusuhan pun sering terjadi. Korban jiwa pun sering terjadi. Kemudian dibentuk tim investigasi oleh PSSI, tapi tidak ada tindak lanjutnya, tidak ada kabarnya. Nah sekarang Presiden minta investigasi independen saja, nanti apa yang akan kita lakukan, baru kita tentukan, bagaimana konstruksi yang seharusnya," tambahnya.

Lebih lanjut Prof. Mahfud MD mengatakan jika PSSI itu terikat kepada FIFA, sehingga pemerintah terkadang mau melakukan tindakan di lapangan terhadap PSSI, oleh FIFA tidak boleh, ada aturannya.  Oleh karena itu, Prof. Mahfud MD mengatakan TGIPF akan menemukan fakta, adapun tindakan-tindakannya nanti diatur dengan FIFA.

"Karena kadang kala kita menentukan apapun tidak boleh dan FIFA itu untuk urusan persepakbolaan itu lebih tinggi kedudukannya dari peraturan pemerintah kita dan kalau kita mau menggunakan hukum kita sendiri harus keluar dari FIFA. Itu problemnya, sementara masyarakat kita suka sekali dengan sepakbola," ucap Prof. Mahfud MD.

"Saya akan pimpin untuk mengungkap fakta ini secara detail dan nanti masyarakat biar tahu, kalau mengambil langkah begini akan ini, kalau begini akan ini. Kita tahu lah PSSI kalau mau ditindak mereka bilangnya kami tidak tunduk oleh peraturan pemerintah, kami ini berada di bawah FIFA, selalu begitu. Sekarang kita buka saja ke rakyat," tambahnya.

Baca Juga: Kapolri Sementara Umumkan Enam Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Salah satunya Dirut PT LIB

Seiring dengan investigasi yang tengah dilakukan, di mana Kapolri telah menetapkan sejauh ini enam tersangka terkait tragedi Kanjuruhan, Menko Polhukam Prof. Mahfud MD pun mengatakan sangat memungkinkan jika jumlah tersangka akan bertambah.

"Sangat dimungkinkan. Kita nanti akan mengumumkannya, ini masih kurang tersangkanya, kita menemukan ini itu dan seterusnya. Bisa saja (bertambah-Red)," pungkasnya.

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polandia vs Argentina: Menang atau Tertendang

Rabu, 30 November 2022 | 07:58 WIB

Kompetisi Liga 1 Batal Berlanjut, Ini Alasannya

Rabu, 30 November 2022 | 07:27 WIB

Wales vs Inggris, Derby Panas Britania Raya

Selasa, 29 November 2022 | 07:52 WIB

Sempat Selebrasi, Rekor Ronaldo Terbaru Gagal Tercatat

Selasa, 29 November 2022 | 07:15 WIB
X