• Rabu, 7 Desember 2022

Menpora Amali: Pemerintah Berduka Atas Tragedi Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 12:09 WIB
Menpora Amali
Menpora Amali

HARIANTERBIT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali menyampaikan bahwa Pemerintah secara umum dan khususnya Bapak Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa duka yang mendalam atas tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang pada tanggal 1 Oktober 2022, kepada keluarga yang ditinggalkan supaya diberi kekuatan dan ketabahan oleh Allah SWT Tuhan YME dalam menerima musibah ini.

Menurut Menpora Amali, kejadian tersebut sangatlah memprihatinkan dan mengecewakan, karena ditengah-tengah upaya Indonesia yang sedang membangun sepakbola nasional, bisa ternodai dengan kejadian ini.

"Bapak Presiden telah memberikan arahan melalui Mensesneg kepada Menpora dan Kapolri untuk segera menginvestigasi secara serius kejadian ini dan mengusut tuntas apa yang menjadi penyebab terjadinya kerusuhan ini," tulis Menpora Amali kepada HarianTerbit.com.

"Selanjutnya Bapak Presiden memberi arahan untuk segera ke Malang dan melihat kondisi korban yang sedang dirawat di rumah sakit serta bertakziah kepada keluarga korban yang meninggal. Menindaklanjuti arahan tersebut, Saya segera berkoordinasi dengan Kapolri dan Ketum PSSI untuk segera mengambil langkah penanganan secara cepat dan tepat," tambah Menpora Amali.

Baca Juga: Baca Juga: Tragis, Puluhan Jiwa Dikabarkan Tewas Imbas Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Usai Arema FC Kalah dari Persebaya

Menpora Amali berharap kejadian serupa tak terjadi lagi dikemudian hari, serta berharap edukasi-edukasi yang baik terhadap suporter kembali dimasifkan. "Seharusnya ini tidak boleh lagi terjadi. Karena begitu sudah kita bebaskan pertandingan sepakbola dengan boleh ada penonton yang tadinya tanpa penonton, kemudian ada permintaan masyarakat supaya ada penontonnya tapi tidak bisa dijaga dengan baik," urai Menpora Amali.

"Kita jadikan tragedi ini sebagai pelajaran berharga yang memilukan kita semua dan harus menjadi yang terakhir. Kepada mereka yang harus bertanggungjawab, tentu harus bisa mempertanggungjawabkan sesuai aturan yang berlaku (aturan FIFA, aturan PSSI dan aturan-aturan lainnya yang berlaku di negara ini). Setelah Saya dan Kapolri serta Ketum PSSI tiba di malang akan segera menginformasikan perkembangan berikutnya," pungkas Menpora Amali.

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dominik Livakovic, Tembok Kokoh Pahlawan Kroasia

Selasa, 6 Desember 2022 | 06:41 WIB

Hebi Marapu Siap Rebut Sabuk Juara di Malaysia

Senin, 5 Desember 2022 | 22:40 WIB
X