• Selasa, 27 September 2022

DKI Jakarta Menggeser Dominasi Jatim di Puncak Klasemen Sementara Kejurnas Wushu 2022

- Selasa, 20 September 2022 | 23:36 WIB
Allysa Amali saat tampil merebut emas Nan Dao Grup A Putri
Allysa Amali saat tampil merebut emas Nan Dao Grup A Putri

HARIANTERBIT.COM - Sejak hari pertama memimpin perolehan medali sementara pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu 2022 memperebutkan Piala Presiden yang digelar di Graha Universitas Surabaya (Unesa) Surabaya, dominasi Jawa Timur (Jawa Timur) akhirnya tergeser oleh DKI Jakarta.

Pada pertandingan hari keempat Kejurnas Wushu 2022 memperebutkan Piala Presiden, Selasa (20/9/2022), Tim Wushu DKI Jakarta pimpinan Herman Wijaya itu sukses merebut 11 medali emas, sekaligus menyodok ke peringkat teratas dengan total mengoleksi 21 emas, 11 perak, dan 15 perunggu.

Jawa Timur yang mendapat tambahan 7 medali emas turun ke peringkat kedua dengan mengoleksi total 18 emas, 20 perak, dan 20 perunggu. Posisi ketiga tetap ditempati Jawa Tengah dengan koleksi 6 emas, 6 perak, dan 5 perunggu.

Menyodoknya DKI Jakarta ke urutan teratas menggeser dominasi Jatim, salah satunya melalui raihan emas Christina Maria Gweneth Samudi yang juga sekaligus mengoleksi emas ketiganya dari Nan Gun Grup B Putri. Sebelumnya, Gweneth, panggilan akrabnya telah mengoleksi 2 medali emas dari Nan Quan dan Nan Dao.

Medali perak Nan Gun Grup B Putri direbut atlet tuan rumah Jawa Timur, Utiqo Romadlona Ummi' Auna dan Melanie Wijaya (Bali) mendapat perunggu.

"Saya senang bisa menyumbang 3 emas buat DKI Jakarta dan bisa membanggakan orang tua, sekolah. Ke depannya, saya akan terus berusaha meraih prestasi lebih baik lagi," kata Gweneth yang ingin mempekuat Timnas Wushu Indonesia pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior di ICE Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten, 2-11 Desember 2022.

Penampilan cemerlang juga ditunjukkan atlet wushu putri DKI Jakarta lainnya, Allysa Amali yang merebut emas Nan Dao Grup A Putri. Allysa yang sebelumnya meraih perak Nan Quan menjadi yang terbaik dengan mencatat 9,34 poin. Medali perak direbut Angelina Michelle dari Jawa Timur dengan 9,28 poin dan Aqila Ghaida Fuaizah juga dari Jawa Timur meraih perunggu dengan 9,21 poin.

Medali emas DKI Jakarta lainnya disumbangkan Richard Dean Kurnia (Dao Shu Grup C Putra), Billie Karina The (Dao Shu Grup C Putri), Salwaa Dhana Azalia (Taiji Quan Grup A Putri), Kenneth Christovani Wijaya (Dao Shu Grup A Putra), Keane Mclaren Lee (Jian Shu Grup A Putra), Kyle Suyoto Kwok (Jian Shu Grup A Putri), Josh Tiesto Tanto (Nan Dao Grup A Putra), Jason Keitaro Widyawan (Gun Shu Putra), dan Alinskha Hanamaira (Nan Gun Putri).

Sedangkan 7 medali emas Jawa Timur disumbangkan Ayrton Jones (Jian Shu Grup C Putra), Chase Maximillian Chen (Jian Shu Grup B Putra), Koleta Mikaela Sandrina Prasetyo (Dao Shu Grup A Putri), Thalia Marvelina Tanzil (Dao Shu Grup B Putri), Jovan Purnomo (Nan Gun Grup B Putra), Jennifer Tjahyadi (Gun Shu Putri), dan Nicholaus Karanka Adinugroho (Nan Gun Putra).

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hasil Indonesia vs Curacao, Garuda Menang 2-1

Selasa, 27 September 2022 | 22:24 WIB
X