• Sabtu, 1 Oktober 2022

Menpora Amali Memastikan Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah FIFA World Cup U20 Tahun 2023

- Selasa, 20 September 2022 | 22:47 WIB
Menpora Amali saat memberikan sambutan dalam peluncuran Bacuya, maskot FIFA World Cup U-20 Tahun 2023 di Indonesia
Menpora Amali saat memberikan sambutan dalam peluncuran Bacuya, maskot FIFA World Cup U-20 Tahun 2023 di Indonesia

 

HARIANTERBIT.COM - Indonesia telah siap menjadi tuan rumah gelaran bergengsi FIFA World Cup U20 Tahun 2023 mendatang yang akan diikuti oleh 24 negara. Hal tersebut ditegaskan Menpora Zainudin Amali saat menjadi narasumber program talkshow salah satu TV swasta yang berlangsung secara virtual, Selasa (20/9/2022).

Dikatakan Menpora Amali, melihat dari sisi perjalanan persiapan, Indonesia sudah sangat siap, dimana kota-kota yang diberi kesempatan untuk menjadi penyelenggara pertandingan pun juga sudah siap, terlebih hajatan besar FIFA yang seharusnya berlangsung pada tahun 2021 lalu itu harus ditunda pelaksanaannya ke tahun 2023, lantaran pandemi Covid-19.

"Enam stadion utama dan pendukung-pendukung lapangan latihannya sudah siap semua di 6 kota. Sebenarnya kita sudah siap dari tahun 2021 lalu, namun karena ada pandemi maka ditunda. Tapi, pada keseluruhannya FIFA tidak ada masalah," ungkap Menpora Amali.

Di samping itu, Menpora bergelar Profesor itu kembali menegaskan kepada seluruh rakyat Indonesia agar tidak ragu dan bertanya-tanya terkait pelaksanaan FIFA World Cup U20 ini.

"Kemarin kita sudah meluncurkan maskot, dan logonya juga sudah oleh FIFA. Maskotnya yakni Bacuya (Badak Cula Cahaya). Ini menandakan memang Piala Dunia U20 ini ada di Indonesia karena Badak Bercula satu ini hanya ada di Indonesia," tutur Menpora Amali.

"Jadi, pertanda bahwa kita akan menjadi tuan rumah FIFA World Cup U20 dan langsung FIFA hadir di Indonesia Direktur Pertandingannya dan beliau juga hadir saat pertandingan U-16 Indonesia vs Vietnam sambil melihat bagaimana kesiapan Surabaya sebagai salah satu Stadion yang disiapkan untuk piala dunia nanti," tambahnya.

Dalam perjalannya menjadi tuan rumah, Indonesia memang telah menyiapkan semua sarana pendukungnya dengan baik sejak ditunjuk tahun 2019 lalu. Kemudian Indonesia menang bidding. Selanjutnya, Presiden Joko Widodo mengeluarkan Keppres dan Inpres yang mana sebagai penanggungjawab penyelenggaraan adalah Menpora Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI sebagai penanggungjawab prestasi timnas dan Menteri PUPR sebagai penanggungjawab infrastruktur.

"Nanti bulan Oktober 2022 ini akan diinspeksi kembali oleh FIFA. Mudah-mudahan dengan sudah diluncurkan maskot dan logo FIFA World Cup U20 tahun 2023, sehingga lebih meyakinkan kita bahwa kita benar-benar ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah," ucap Menpora Amali.

"Jadi, tidak usah ragu dan bertanya-tanya apakah jadi atau tidak. Karena ini FIFA langsung yang melounching maskotnya di Jakarta pada saat CFD kemarin," pungkas Menpora.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jam Kick Off Persib vs Persija Dimajukan

Rabu, 28 September 2022 | 16:51 WIB

Hasil Indonesia vs Curacao, Garuda Menang 2-1

Selasa, 27 September 2022 | 22:24 WIB
X