• Selasa, 31 Januari 2023

Jatim Mendominasi Emas di Hari Pertama Kejurnas Wushu 2022 Piala Presiden

- Minggu, 18 September 2022 | 22:53 WIB
Tommy Benino Wiljono asal Jawa Timur juara di nomor Taijiquan Grup B Putra
Tommy Benino Wiljono asal Jawa Timur juara di nomor Taijiquan Grup B Putra


HARIANTERBIT.COM - Tim Wushu Jawa Timur (Jatim) yang menargetkan gelar juara umum langsung menunjukkan dominasinya dengan meraup enam medali emas dari nomor Taolu pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu 2022 memperebutkan Piala Presiden yang digelar di Graha Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Surabaya, Jawa Timur, Minggu (18/9/2022).

Keenam medali emas tuan rumah tersebut disumbangkan Tommy Benino Wilijono (Taiji Quan Grup B Putra), Jovan Purnomo (Nan Quan Grup B Putra), Ghisna Maulana Magfuri (Nan Quan Grup C Putra), Nicholaus Karanka Adinugroho (Nan Quan Putra), Benedicta Rafaella Karolusia (Nanquan Putri), dan Rainer Reibaldy Ferdiansyah (Taijijian Grup A Putra).

"Persaingan cukup ketat dan saya juga sempat tegang. Makanya, saya senang bisa merebut medali emas di kejurnas ini," kata Jovan Purnomo yang berkeinginan memperkuat Kontingen Wushu Indonesia pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior di ICE Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banteng, 2-11 Desember 2022 mendatang.

Rival terberat Jawa Timur, DKI Jakarta baru mengoleksi 3 medali emas. Ketiga medali emas disumbangkan Christina Maria Gwyneth Samudi (Nan Quan Grup B Putri), Jason Keitaro Widyawan (Chang Quan Putra), dan Andrea Simon (Chang Quan Putri).

Kesuksesan Jason menjadi yang terbaik cukup mengejutkan. Karena, mahasiswa Binus ini berhasil menyingkirkan pesaing terberatnya, Muhammad Daffa Golden Boy H dari Jawa Timur. Daffa yang juga atlet pelatnas harus puas dengan medali perunggu.

"Perasaan saya senang sekali bisa menyumbangkan medali emas untuk kontingen DKI Jakarta dengan mengalahkan rekan di pelatnas yang menjadi pesaing terberat saya selama ini," kata Jason yang bertekad meraih hasil maksimal untuk jurus Gun Shu dan Dao Shu.

Baca Juga: Wakili Menpora, Chandra Bhakti Berharap Lahir Lindswell dan Edgar Baru di Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022

Sementara itu, Tim Wushu Jawa Tengah (Jateng) merebut dua medali emas lewat Alexandra Calista Setiawan (Taiji Quan Putri) dan Angelica Calista Putri Julianto (Taiji Jian Grup A Putri). Begitu juga Sumatera Utara (Sumut) yang mengoleksi 2 emas lewat Syahnia Ramadhany (Nan Quan Grup C Putri) dan Erick Citra Loeis (Taiji Quan Putra).

Tim Wushu Jawa Timur memang berkeinginan merebut gelar juara umum untuk ketiga kalinya pada Kejurnas Wushu 2022. Sebelumnya, Jatim merebut gelar juara umum pada Kejurnas Wushu pada tahun 2018 dan 2019. Keinginan itu juga dilontarkan Ketua Pengprov WI Jawa Timur, Soedomo Mergonoto pada acara pembukaan.

"Ya, Tim Wushu Jawa Timur memang ditargetkan untuk merebut gelar juara umum untuk yang ketiga kalinya pada Kejurnas Wushu 2022 sehingga bisa memiliki Piala Presiden," katanya. 

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Chelsea Kembali Datangkan Pemain Baru di Januari Ini

Senin, 30 Januari 2023 | 12:25 WIB

Madrid Ditahan Sociedad, Begini Kata Ancelotti

Senin, 30 Januari 2023 | 10:28 WIB

Bus Persis Solo Dilempari Batu, Persita Minta Maaf

Minggu, 29 Januari 2023 | 08:25 WIB

Aston Villa Tertarik Tampung Aubameyang

Sabtu, 28 Januari 2023 | 18:50 WIB
X