Wakili Menpora, Chandra Bhakti Berharap Lahir Lindswell dan Edgar Baru di Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022

- Minggu, 18 September 2022 | 03:41 WIB
Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti, saat membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu Senior yang memperebutkan Piala Presiden 2022 di Graha Universitas Negeri Surabaya mewakili Menpora Zainudin Amali.
Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti, saat membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu Senior yang memperebutkan Piala Presiden 2022 di Graha Universitas Negeri Surabaya mewakili Menpora Zainudin Amali.

HARIANTERBIT.COM - Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Chandra Bhakti mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali secara resmi membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu Senior yang memperebutkan Piala Presiden 2022 di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unes) Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (17/9/2022) malam.

Kejuaraan yang berlangsung dari 18 hingga 21 September 2022 ini diikuti 450 atlet dari 20 Provinsi mempertandingkan nomor Taolu, Sanda dan Kungfu.

Selain Piala Presiden, Kejuaraan ini juga memperebutkan Piala Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto dan Piala Menpora.

Dalam sambutannya, Chandra Bhakti menyampailan permohonan maaf dari Menpora Amali yang tidak bisa hadir pada acara pembukaan Kejurnas Wushu karena kesibukan menjalankan tugas.

Menurut Chandra Bhakti, wushu merupakan salah satu olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang sudah ditetapkan pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 tahun 2021.

Penetapan wushu tersebut, jelasnya, melalui kajian dari akademisi, pakar dan praktisi olahraga dengan melihat perkembangan prestasi wushu Indonesia dari tahun 2010 hingga tahun 2021.

"Kita mengetahui banyak atlet wushu Indonesia telah mencatat prestasi di kejuaraan dunia di antaranya yang dikenal Lindswell Kwok dan Edgar Xavier Marvelo. Melalui Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022 ini diharapkan muncul pengganti Lindswell dan Edgar yang mampu berprestasi dunia dan juga di Olimpiade jika ke depan cabang olahraga wushu dipertandingkan," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto dalam pidato virtualnya mengucapkan terimakasih kepada Ketua Pengprov WI Jawa Timur, Soedomo Mergonoto yang telah bersedia menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Wushu Senior Piala Presiden dan Sirkuit Nasional Wushu Taolo dan Sanda Junior Tahun 2022. Begitu juga terhadap founder Harian Disway, Dahlan Iskan yang telah memberikan dukungan.

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian ini mengharapkan Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022 yang sempat terhenti sejak tahun 2020 akibat pandemi Covid-19 bisa berjalan sukses.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Indonesia Masters 2023 Memasuki Hari Ketiga

Kamis, 26 Januari 2023 | 13:50 WIB

Sam Allardyce Ungkap Bobroknya Performa Everton

Kamis, 26 Januari 2023 | 08:25 WIB

Danau Toba Siap Sukseskan F1 Powerboat 2023

Rabu, 25 Januari 2023 | 19:13 WIB
X