• Senin, 26 September 2022

Penetapan Hidayat Humaid Sebagai Ketua KONI DKI Jakarta Digugat ke BAORI oleh Julizar Idris

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 20:04 WIB
Julizar Idris saat penyerahan berkas kepada Tim TPP 7 Musorprov KONI DKI Jakarta.
Julizar Idris saat penyerahan berkas kepada Tim TPP 7 Musorprov KONI DKI Jakarta.

HARIANTERBIT.COM - Hasil pemilihan Ketua Umum KONI DKI Jakarta periode 2022-2026 yang dilakukan saat Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) ke 12 KONI DKI pada tanggal 12 Maret 2022 lalu, telah digugat ke Badan Arbitrase Olahraga Indonesia (BAORI).

Gugatan tersebut dimohonkan Julizar Idris yang merupakan salah satu kandidat dalam pemilihan tersebut. Sedangkan termohonnya adalah Ketua terpilih Musorprov Hidayat Humaid, Pengurus KONI DKI Jakarta sebelumnya yang menjadi penyelenggara, Ketua KONI DKI Jakarta sebelumnya Laksma TNI (Purn) Djamhuron P. Wibowo dan Aminullah Ketua Sidang Musorprov 2022

Menurut Julizar Idris yang dihubungi ari Rabu (17/8/222), gugatan ini dilakukan karena dalam proses pemilihan tersebut agenda pemilihan ketua yang disepakati ternyata tidak dilaksanakan. Agenda itu di antaranya adalah penyampaian visi dan misi calon ketua dan proses pemungutan suara untuk memilih calon ketua baru itu sendiri.

Hal ini, kata Julizar, jelas mencederai semangat demokrasi dan jiwa sportivitas yang seharusnya menjadi dasar dari organisasi keolahragaan di Indonesia ini."Oleh karena itu, saya melakukan gugatan demi menegakkan kebenaran dan demokrasi," katanya.

Penetapan pemilihan ketua pada Musorprov tahun ini dilakukan hanya dengan menggunakan surat dukungan dari masing-masing cabang olahraga (cabor) maupun badan fungsional di lingkungan KONI DKI.

Baca Juga: Pengukuhan Pengurus KONI DKI; Anies Optimis Prestasi Atlet Jakarta Terus Meningkat

Padahal surat dukungan hanyalah pelengkap persyaratan belaka. Sedangkan untuk memenangkan kontestasi haruslah diadakan pemungutan suara sebagaimana diatur dalam AD/ART KONI.

Penetapan dukungan surat suara ini selain tidak ada verifikasi dan transparansi yang jelas saat Musorprov, namun juga sudah mendapat protes keras saat even ini berlangsung dari kubu Julizar Idris.

Agenda yang sudah disepakati sebelumnya malah tidak dilaksanakan yaitu penyampaian visi dan misi (yang dijadwalkan selama 15 menit), persiapan pemilihan dan pelaksanaan pemungutan suara. Namun, protes ini tidak mendapat tanggapan dari panitia Musorprov.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tekuk Curacao 3-2, Peringkat Timnas Indonesia Naik!

Sabtu, 24 September 2022 | 22:49 WIB

Indonesia vs Curacao, Cuco Martina: Kami Siap Buktikan

Sabtu, 24 September 2022 | 08:07 WIB
X