• Senin, 26 September 2022

Klarifikasi Menpora Terkait Polemik Angkat Trofi di Podium Juara Piala AFF 2022, Ternyata Begini Kronologisnya

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 17:18 WIB
Menpora Amali bersama Timnas U-16 saat merayakan kemenangan Piala AFF U-16 tahun 2022 di podium juara
Menpora Amali bersama Timnas U-16 saat merayakan kemenangan Piala AFF U-16 tahun 2022 di podium juara

HARIANTERBIT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali merespon kritikan warga net (netizen) yang dialamatkan kepadanya, terkait keikutsertaannya mengangkat trofi Piala AFF U 16 tahun 2022 bersama Timnas Indonesia di podium juara Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022) malam, usai menundukkan Vietnam dengan skor tipis 1-0 di laga final.

Apa yang dilakukan oleh Menpora Amali beserta Ketua Umum PSSI M. Iriawan dengan mengangkat trofi bersama Timnas Indonesia U-16 itu pun mendapat hujatan dari netizen di media sosial yang menganggap jika kedua petinggi itu 'cari panggung', karena biasanya hanya kapten tim saja sebagai orang pertama yang mengangkat trofi.

Terkait cibiran itu, Menpora Amali pun coba melakukan klarifikasi terkait awal mula kenapa dirinya turut serta mengangkat trofi bersama skuat Bima Sakti itu. Kepada awak media, dirinya menceritakan kronologi dari awal hingga akhir.

"Saya itu awalnya diminta oleh MC untuk naik ke atas panggung bersama Preside AFF, Sekjend AFF, Ketum PSSI dan Sekjend PSSI. Kami secara bergantian memberikan penghargaan dan mengalungkan medali, mulai wasit, pencetak gol terbanyak, penjaga gawang serta pemain terbaik," ucap Menpora Amali, Sabtu (13/8/2022). 

Kemudian ia pun mengatakan jika dirinya mendapat giliran menyerahkan plakat kepada pemain terbaik sepanjang turnamen M Iqbal Gwijangge, serta mengalungkan medali bersama Ketum PSSI kepada tim juara, yakni Indonesia di podium juara

"Setelah selesai semuanya, tibalah saatnya penyerahan piala AFF U 16 oleh Presiden AFF kepada Kapten Tim 

M Iqbal Gwijangge dan pada saat itulah Presiden AFF meminta Saya, Ketum PSSI, serta Sekjend AFF untuk memegang piala bersama-sama kemudian diangkat keatas," ungkap Menpora Amali.

"Ramailah suasananya. Anak-anak dengan riang gembira menikmati kemenangan sambil di foto-foto. Setelah itu Saya pun turun podium. Namun baru beberapa langkah, anak-anak dan official manggil lagi supaya Saya dan Ketum PSSI berfoto dengan mereka, ada juga moment yang sambil mengangkat piala. Jadi bukan keinginan Saya, tapi anak-anak yang sedang gembira minta Saya berfoto pegang piala dengan mereka, bahkan Saya juga diajak keliling lapangan sama mereka sambil menyapa penonton. Begitulah kejadian sebenarnya," ungkap Menpora Amali.

Seperti diberitakan sebelumnya, Timnas Indonesia U 16 menjuarai ajang Piala AFF U 16 ini usai menundukkan Vietnam dengan skor tipis 1-0.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tekuk Curacao 3-2, Peringkat Timnas Indonesia Naik!

Sabtu, 24 September 2022 | 22:49 WIB

Indonesia vs Curacao, Cuco Martina: Kami Siap Buktikan

Sabtu, 24 September 2022 | 08:07 WIB
X