• Senin, 26 September 2022

Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Menpora Amali: Ini Kado Spesial HUT RI Ke 77

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 00:57 WIB
Menpora Amali di atas podium juara usai memberikan piala AFF U-16 2022 kepada kapten tim Indonesia, M Iqbal Gwijangge
Menpora Amali di atas podium juara usai memberikan piala AFF U-16 2022 kepada kapten tim Indonesia, M Iqbal Gwijangge

HARIANTERBIT.COM - Timnas sepakbola Indonesia tampil sebagai juara Piala AFF U-16 2022, usai menundukkan Vietnam dengan skor tipis 1-0 saat berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022) malam.

Gol semata wayang tim besutan Bima Sakti itu, diciptakan oleh Kafiatur Rizky pada masa injury time babak pertama (menit 45+2), melalui tendangan kaki kiri di dalam kotak pinalti meski dikawal ketat dua pemain bertahan Vietnam Nguyen Huu Trong dan Le Duc Phat. Bola meluncur keras ke pojok kanan atas gawang yang dikawal oleh Pham Dinh Hai.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang menyaksikan langsung jalannya laga di Stadion Maguwoharjo, usai pertandingan mengatakan jika M Iqbal Gwijangge cs., bermain dengan semangat tinggi serta militan sejak peluit awal dibunyikan wasit asal Laos, Xaypaseth Phongsanit.

Dirinya pun menyebut, kedepannya Timnas sepakbola Indonesia memiliki harapan yang besar untuk terus bersinar di pentas internasional, sekaligus menegaskan akan terus mengawal pembinaan skuat Bima Sakti itu.

"Alhamdulillah, kita patut bersyukur Timnas U16 Indonesia bisa tampil menjadi juara. Saya melihat anak-anak bermain dengan semangat tinggi serta militan, sehingga sudah barang tentu kita punya harapan kedepan. Mereka bisa menjadi tim yang utuh, asalkan kita kawal pembinaannya. Di usia mereka sekarang ini yang masih labil, makanya kita harus lakukan pendampingan," ucap Menpora Amali kepada awak media.

Baca Juga: Tegang Nonton Penalti Timnas U16 Kontra Myanmar, Menpora Amali: Alhamdulillah Indonesia Tampil di Final

Menteri asal Partai Golkar itu pun mengatakan jika keberhasilan ini tidak terlepas dari kepiawaian pelatih Bima Sakti beserta Timnya yang telah bekerja keras meramu strategi serta membangun kekompakan tim, baik di lapangan maupun diluar lapangan, sekaligus sebagai kado spesial HUT RI ke 77.

"Atas persembahan prestasi tertinggi ini, saya sangat mengapresiasi Bima Sakti dkk, juga terima kasih kepada anak-anak Timnas U-16 yang telah membanggakan bangsa," tutur Menpora Amali.

"Ini menjadi kado yang sangat spesial pada HUT RI ke 77. Selamat dan sukses," pungkas Menpora Amali.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tekuk Curacao 3-2, Peringkat Timnas Indonesia Naik!

Sabtu, 24 September 2022 | 22:49 WIB

Indonesia vs Curacao, Cuco Martina: Kami Siap Buktikan

Sabtu, 24 September 2022 | 08:07 WIB
X