• Kamis, 29 September 2022

Atlet Muda PB Djarum Bawa Jateng Juara Umum Piala Presiden 2022

- Senin, 8 Agustus 2022 | 09:02 WIB
Tim bulutangkis Jawa Tengah di Piala Presiden 2022 (Dok. Megapro)
Tim bulutangkis Jawa Tengah di Piala Presiden 2022 (Dok. Megapro)

HARIANTERBIT.com - Kontingen Jawa Tengah (Jateng) sukses meraih titel juara umum pada kejuaraan bulutangkis Piala Presiden 2022 yang berlangsung di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta, Sabtu (6/8/2022). Sembilan gelar juara berhasil diboyong yang seluruhnya disumbangkan oleh atlet-atlet muda PB Djarum.

Aroma kemenangan sejatinya sudah tercium sejak babak semifinal yang didominasi oleh skuad atlet Jawa Tengah. Di fase ini pula, tim kuat seperti Jawa Barat dan Jawa Timur tidak berhasil mengirimkan atletnya.

Selepas laga puncak, tim Jawa Tengah memastikan diri sebagai juara umum dengan sukses mengkoleksi 9 medali emas, 7 medali perak dan 12 medali perunggu. Selain mendapatkan trofi, Jawa Tengah juga mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp250 juta.

Baca Juga: Kisah Tukang Bubur yang Sukses Kibarkan Merah Putih di APG 2022

Sementara DKI Jakarta mengekor sebagai runner-up dengan raihan 1 medali emas, 4 medali perak dan 8 medali perunggu. Lalu, disusul Sumatera Utara di posisi ketiga dengan 1 medali emas. Terakhir ada Banten dengan raihan 2 medali perunggu.

Pemberian trofi Piala Presiden diserahkan langsung oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang mewakili Presiden Joko Widodo, kepada Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf. Presiden Jokowi berhalangan hadir karena harus menutup pesta olahraga ASEAN Para Games 2022 di Solo, Jawa Tengah.

Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin menyatakan kemenangan yang dipersembahkan atlet muda PB Djarum bagi kontingen Jawa Tengah di Piala Presiden 2022 merupakan buah manis dari pembinaan atlet usia dini yang selama ini telah berjalan.

Pembinaan sejak dini, kata Yoppy, merupakan aspek fundamental dan sangat penting dalam skema piramida prestasi atlet. “Turnamen Piala Presiden 2022 ini memang menjadi ajang bagi para atlet yang telah kami bina untuk menunjukkan kemampuan mereka di atas lapangan," kata Yoppy dalam keterangannya, Minggu (7/8/2022).

Baca Juga: Liga Inggris Bergulir: Arsenal Menang, Liverpool Siap Tarung

"Dan ternyata, mereka menjawabnya dengan prestasi. Tak hanya jadi juara umum, tapi kami juga melampaui target yang semula mengincar enam gelar juara, tapi berhasil membawa pulang sembilan gelar. Meski begitu tetap ada evaluasi yang harus dilakukan. Terutama untuk sektor tunggal putri,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Jam Kick Off Persib vs Persija Dimajukan

Rabu, 28 September 2022 | 16:51 WIB

Hasil Indonesia vs Curacao, Garuda Menang 2-1

Selasa, 27 September 2022 | 22:24 WIB
X