• Kamis, 29 September 2022

Maskot Xiao Hao Diluncurkan Bersamaan dengan Pengrov WI Jatim Gelar Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 23:10 WIB
Ketua Pengprov WI Jawa Timur, Soedomo Mergonoto (kiri), Ketua Umum PB WI Airlangga Hartarto dan Dahlan Iskan diacara peluncuran maskot Xiao Hao bersamaan dengan Pengrov WI Jatim Gelar Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022 (foto: dok. humas PB WI)
Ketua Pengprov WI Jawa Timur, Soedomo Mergonoto (kiri), Ketua Umum PB WI Airlangga Hartarto dan Dahlan Iskan diacara peluncuran maskot Xiao Hao bersamaan dengan Pengrov WI Jatim Gelar Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022 (foto: dok. humas PB WI)

HARIANTERBIT.COM - Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto menyerahkan Piala Presiden kepada Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) WI Jawa Timur (Jatim), Soedomo Mergonoto di Jakarta, pada Sabtu (6/8/2022). Penyerahan ini sekaligus sebagai simbolik Pengprov Jatim siap menggelar Kejuaraan Nasional Wushu Piala Presiden 2022.

Rencananya, kejurnas wushu Piala Presiden itu akan berlangsung di Graha Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Surabaya, Jawa Timur, pada 16 hingga 22 September 2022 mendatang. Sebelumnya, Jatim meraih Piala Presiden di Kejurnas 2018 Yogyakarta dan Kejurnas 2019 di Bangka Belitung, sedangkan edisi 2020 dan 2021 tidak digelar lantaran pandemi Covid-19.

"Kami percayakan penyelenggaraan kejuaraan ini kepada Jawa Timur dan kalau sekali lagi Jatim meraih Piala Presiden, maka ini akan menjadi piala tetap yang dimiliki Jatim,’’ kata Airlangga Hartarto yang saat penyerahan itu didampingi Sekjen PB WI, Ngatino.

Mendapat tugas melaksanakan kejurnas, Soedomo menyatakan kesiapannya. Bahkan, pria yang juga pemilik Kapal Api itu yakin dengan kemampuan atlet-atlet wushu Indonesia untuk bersaing dikancah internasional. ’’Saya yakin, wushu bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah global,’’ ucap Soedomo.

Dalam menggelar kejurnas ini, Pengprov WI Jatim menggandeng Harian Disway. ’’Ini gara-gara Pak Domo,’’ kata founder Harian Disway, Dahlan Iskan yang ikut dalam pertemuan dengan Airlangga Hartarto itu.

Dalam audiensi tersebut, Dahlan bercerita bahwa Harian Disway pernah menyelenggarakan Disway Open Wushu Championship pada 25-27 Maret 2022 lalu, dimana kejuaraan terbuka itu diikuti 347 atlet dari 13 kontingen yang berasal dari 11 kota di tiga Provinsi. ’’Pesertanya buanyak. Mereka antusias semua,’’ kata mantan menteri BUMN itu.

Dengan pengalaman kejuaraan tersebut, Harian Disway pun oke ketika diajak Pengprov Jatim untuk menggelar kejuaraan yang lebih besar. Berdasar kalkulasi panitia, tak kurang dari 700 atlet akan berlaga pada kejuaraan ini.

Sebab, selain Kejurnas Nasional Wushu Piala Presiden, ada juga kejuaraan terbuka nasional yang memperebutkan dua piala. Yakni, Piala Airlangga Hartarto untuk kategori tradisional (kungfu) dan Piala Menpora untuk kategori Taolu.

Wujud Piala Presiden yang diterima Soedomo terlihat begitu gagah yang terbuat dari bahan kuningan. Ia melambangkan burung Garuda yang sedang membentangkan sayapnya. Menaungi empat atlet wushu. Baik atlet tangan kosong, senjata, plus Sanda (kategori pertarungan).

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jam Kick Off Persib vs Persija Dimajukan

Rabu, 28 September 2022 | 16:51 WIB

Hasil Indonesia vs Curacao, Garuda Menang 2-1

Selasa, 27 September 2022 | 22:24 WIB
X