• Kamis, 29 September 2022

Penyelenggaraan APG 2022 Solo Berlangsung Sukses, Menpora Amali: Alhamdulillah, Kita Patut Bersyukur

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 21:14 WIB
Menpora Zainudin Amali
Menpora Zainudin Amali

HARIANTERBIT.COM - Indonesia patut bersyukur bahwa pelaksanaan ASEAN Para Games (APG) 2022 Solo berjalan dengan sukses dan lancar dilaksanakan yang diikuti oleh 1907 orang yang terdiri dari 1248 atlet dan 659 official dengan mempertandingkan 14 cabang olahraga melalui 457 nomor pertandingan dan memperebutkan masing-masing 1260 medali.

Kontingen Indonesia mampu mempertahankan gelar juara umum dengan mengoleksi triple-triple yakni 175 emas, 144 perak, dan 106 perunggu dengan total 425 medali.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam laporannya di hadapan Presiden Joko Widodo dalam acara penutupan pesta olahraga bagi atlet disabilitas antara negara-negara se-Asia Tenggara edisi ke 11 yang berlangsung di Stadion Manahan Solo, Sabtu (6/8/2022) malam.

Meski persiapan APG 2022 ini relatif singkat, yakni tepatnya 5 bulan setelah Indonesia secara resmi ditunjuk untuk menjadi tuan rumah oleh APSF, namun Menpora Amali yang merupakan Ketua Penyelenggara ASEAN Para Games 2022 Solo itu menyebut, lantaran Indonesia telah berpengalaman menggelar multi event level internasional, maka hal tersebut tidaklah sulit untuk kembali mencetak kesuksesan penyelenggaraan.

"Indonesia memiliki pengalaman untuk menyelenggarakan event dan di tempat yang sama pada tahun 2011 lalu yakni di Kota Solo, bahkan sukses menggelar Asian Games dan Asian para Games 2018 lalu, hingga menggelar single event internasional, sehingga Indonesia dapat mempersiapkan dan melaksanakan ASEAN Para Games 2022 dengan baik," ucap Menpora Amali.

Baca Juga: Jan Ethes Antusias saat Dampingi Presiden Jokowi Menutup ASEAN Para Games 2022 Solo

Atas kesuksesan gelaran APG 2022 ini, dari prestasi, penyelenggaran hingga sukses ekonomi, Menteri asal Partai Golkar tersebut mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang telah merestui dan memberi arahan kepadanya untuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games ke-11 ini setelah batal dilaksanakan oleh Vietnam.

Dirinya pun menutur terima kasih kepada para Menteri Kabinet Indonesia Maju serta seluruh jajaran serta pimpinan lembaga yang telah membantu bergotong royong bersama, sejak persiapan sampai pelaksanaannya. Terima kasih juga kami sampaikan kepada pemerintah daerah, khususnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta segenap jajaran Provinsi Kabupaten/Kota se-Jawa tengah.

Namun secara khusus, Menpora Amali mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada walikota Surakarta Gibran Rakabuming Rak, sebagai ketua INASPOC yang telah bekerja keras mempersiapkan dan menyelenggarakan perhelatan ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022 ini dengan penuh dedikasi, serta tanggung jawab, beserta seluruh jajaran panitia dan sukarelawan yang tergabung dalam INASPOC.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jam Kick Off Persib vs Persija Dimajukan

Rabu, 28 September 2022 | 16:51 WIB

Hasil Indonesia vs Curacao, Garuda Menang 2-1

Selasa, 27 September 2022 | 22:24 WIB
X