• Jumat, 9 Desember 2022

Para Bulutangkis Indonesia Juara Umum, Menpora Amali Berharap di Paralimpiade Paris 2024 Banyak Loloskan Atlet

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 21:45 WIB
Menpora Amali berfoto bersama usai mengalungkan medali kepada para pemenang atlet para bulutangkis di ASEAN Para Games 2022 Solo
Menpora Amali berfoto bersama usai mengalungkan medali kepada para pemenang atlet para bulutangkis di ASEAN Para Games 2022 Solo


HARIANTERBIT.COM - Kontingen Indonesia di cabang olahraga para bulutangkis ajang ASEAN Para Games 2022 Solo, di atas kertas memastikan diri sebagai juara umum, meski masih menyisakan satu hari pertandingan.

Sebelumnya tim para bulutangkis Indonesia sudah menyabet medali emas nomor beregu putra pada Minggu (31/7/2022) dan meraih emas ganda campuran SL3-SU5 melalui Fredy Setyawan/Khalimatus Sadiyah pada Rabu (3/8/2022).

Pada hari ini, Kamis (4/8/2022), pundi-pundi medali emas Indonesia dari cabor para bulutangkis kembali bertambah. Tak tanggung-tanggung, ada sembilan nomor yang berhasil diamankan oleh tuan rumah.

Dari sembilan medali emas tambahan itu, empat di antaranya didapat dari wakil Indonesia yang berlaga dengan sistem round robin. Mereka adalah Khalimatus Sadiyah (tunggal putri SL3+SL4), Warining Rahayu (tunggal putri SU5), Rina Marlina (tunggal putri SH6), serta Subhan/Rina Marlina (ganda campuran SH6).

Baca Juga: Kemenpora Makin Yakin, Indonesia Pertahankan Gelar Juara Umum pada ASEAN Para Games 2022 Solo

Dari empat wakil Indonesia di atas, hanya Khalimatus Sadiyah yang belum dikalungi medali emas lantaran persaingan nomor tunggal putri SL3+SL4 baru tuntas pada esok hari. Meski begitu, catatan empat kemenangan yang dibukukan sudah tak mungkin disamai oleh para rivalnya.

Sedangkan lima medali emas tambahan lainnya didapatkan dari lima nomor yang tercipta melalui All Indonesian Final, yakni tunggal putra WH2, tunggal putra SL3, tunggal putra SL4, ganda putra SL3-SL4, dan ganda putra SU5.

Dengan torehan 11 medali emas, Indonesia dipastikan tampil sebagai juara umum cabor para bulutangkis ASEAN Para Games 2022 Solo yang total mempertandingkan 19 nomor.

Dengan hasil tersebut, Menpora Zainudin Amali menyebut jika Indonesia memiliki harapan besar dari para bulutangkis yang tumbuh.

"Pada di Paralimpiade Tokyo kita sudah tahu kekuatan kita, tapi saat ini muncul yang baru. Hari ini, Ratri tidak main karena satu hal, tapi yang muncul ada ganda campuran yang baru jika dulu Ratri dengan Hari, kini Khalimatus Sadiyah dan Fredy Setiawan," ucapnya kepada awak media usai melakukan pengalungan medali, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga: Keinginan Presiden Jokowi, Sebanyak 7 Lapangan Training Camp Sepakbola akan Dibangun di IKN

Dirinya pun memiliki harapan pada Paralimpiade Paris 2024 nanti, Indonesia akan banyak meloloskan atlet para bulutangkis.

"Saya kira ini merupakan harapan kita untuk kedepannya dan saya yakin untuk Paralimpiade Paris 2024, mudah-mudahan akan banyak meloloskan atlet kita, karena waktu di Tokyo kan memang kita dari bulutangkis, disamping cabor-cabor yang lainnya," tambahnya.

Untuk itu, dirinya akan terus mendorong pembinaan dan tumbuhnya talenta-talenta muda dan pelapis dari para atlet-atlet yang sekarang ini sudah ada di tingkat dunia.

"Saya senang dan kita apresiasi terus terhadap pembinaan untuk cabor para bulutangkis ini dan ini merupakan semangat tambahan menuju Paralimpiade Paris 2024," tuturnya.

Terkait bonus secara keseluruhan, Menpora Amali mengatakan, sama seperti biasa, Presiden Joko Widodo akan memberikan perhatian dan apresiasi, baik itu di Olimpiade, Paralimpiade, Asian Games, Asian Para Games, SEA Games dan ASEAN Para Games yang sekarang sedang berlangsung.

"Pemerintah pasti akan memberikan perhatian. Insha Allah tidak akan lama," pungkasnya.

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inggris Vs Prancis, Tiga Singa Rancang Taktik

Kamis, 8 Desember 2022 | 23:23 WIB

Eden Hazard Umumkan Pensiun dari Timnas Belgia

Kamis, 8 Desember 2022 | 15:15 WIB

Kroasia Vs Brasil, Dalic Kerahkan Kekuatan Terbaik

Kamis, 8 Desember 2022 | 13:10 WIB
X