• Senin, 5 Desember 2022

Di ASEAN Para Games 2022 Solo, Menpora Amali Ingin Target Empat Sukses Terwujud

- Rabu, 27 Juli 2022 | 21:00 WIB
Menpora amali (tengah) saat didampingi oleh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Chandra Bhakti (kanan), bersama Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kiri) meninjau venue yang akan digunakan dalam ASEAN Para Games 2022 Solo
Menpora amali (tengah) saat didampingi oleh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Chandra Bhakti (kanan), bersama Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kiri) meninjau venue yang akan digunakan dalam ASEAN Para Games 2022 Solo

HARIANTERBIT.COM - Melalui pelaksanaan ASEAN Para Games (APG) 2022 Solo yang akan berlangsung pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 mendatang, pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpora mengusung empat sukses, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi serta sukses administrasi, sehingga harus dijadikan pedoman bagi panitia pusat dan daerah.

Pada 11 tahun lalu, tepatnya tahun 2011 silam, Indonesia pernah menggelar ajang serupa dan di kota yang sama, sehingga di sektor penyelenggaraan, hal itu tak dapat diragukan lagi kesuksesannya.

Meski demikian, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan sukses penyelenggaraan ini dapat diraih jika para peserta merasakan aman dan nyaman selama berada di kota penyelenggaraan APG 2022 ini.

"Harus kita buat seluruh peserta yang datang dan ikut dalam multi event ini merasa aman, nyaman dan enak. Saya sudah melihat simulasi sejak mereka datang sampai tiba di bandara, pengurusan administrasi, ke hotel, ke venue semua sudah disimulasikan dan dilapangan dipimpin oleh Walikota Surakarta Mas Gibran Rakabuming Raka. Jadi, secara keseluruhan mudah-mudahan target sukses penyelenggaraan ini bisa kita raih," jelas Menpora Amali.

Pada APG 2022 Solo akan mempertandingkan 14 cabang olahraga (cabor) dan Indonesia selaku tuan rumah, target menjadi juara umum menjadi hal yang mutlak untuk diwujudkan pada pesta olahraga altet penyandang disabilitas yang kembali digelar pasca absen tiga tahun lantaran pandemi Covid-19 ditambah dua negara lain yang seharusnya menjadi tuan rumah tak bisa menggelar ajang ini.

Baca Juga: Menko Airlangga Tawarkan Bos Marubeni Investasi di KEK Kesehatan Sanur

Menpora Amali pun menilai jika atlet Merah Putih dinilai telah sangat siap menampilkan kemampuan terbaiknya demi nama bangsa dan negara. "Kemarin saya sudah kukuhkan karena kita ikut di 14 cabor, kesiapan atlet kita sudah mantap. Sebenarnya mereka ini juga kita siapkan sejak 2019 yang awalnya APG ini akan dilaksanakan di Filipina kemudian batal. Kemudian untuk Asian Para Games di China yang ditunda hingga tahun 2023," ucapnya.

Target juara umum APG 2022 ini menurut Menpora Amali, telah disampaikan langsung sebelumnya oleh CdM Kontingen Indonesia yang kemudian diperkuat tekad dari Ketua NPC Indonesia. "Ini luar biasa persiapan anak-anak kita. Target juara umum itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum NPC Pak Senny Marbun dan di dalam laporan pengukuhan kontingen juga diulang kembali oleh CdM Pak Andy Herman," kata Menpora Amali.

"Memang ada negara-negara pesaing kita yakni Thailand dan Malaysia dimana diperingkat dunianya meraka ada diatas kita, tetapi kita harus optimis bahwa target kedua yakni sukses prestasi itu bisa diraih," tambahnya.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Target Indonesia Raih 6 Emas di Kejuaraan WJWC 2022

Minggu, 4 Desember 2022 | 22:15 WIB

Belanda vs AS Siapa Menang Ini Catatannya

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:51 WIB
X