• Rabu, 7 Desember 2022

Tim Indonesia Ditargetkan Raih Juara Gothia Cup 2022

- Selasa, 12 Juli 2022 | 20:00 WIB

HARIANTERBIT.com - Pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberi target tinggi terhadap Timnas Indonesia yang akan berjuang di Gothia Cup 2022 pada 18-23 Juli mendatang di Gothenburg, Swedia. Target tersebut ialah meraih gelar juara.

"Sama seperti edisi sebelumnya, harapan kita di 2022, tim Indonesia bisa keluar sebagai juara (Gothia Cup -red)," kata Menpora Amali saat menghadiri seremoni Pelepasan tim Indonesia Junior Soccer League (IJSL) Goes to Gothia Cup Swedia di Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Untuk mewujudkan itu, Menpora Amali berpesan kepada tim pelatih untuk menyiapkan skema permainan sebaik mungkin. Selain itu, ia juga meminta agar dilakukan kontrol secara ketat kepada seluruh pemain yang akan bertanding, terutama dari penggunaan media sosial.

Baca Juga: Tersingkir, Performa Timnas U-19 Patut Diapresiasi

"Untuk anak2, kalian akan bertanding atas nama 250 juta rakyat Indonesia. Jadi bertanding dengan benar. Pesan saya untuk pelatih, tolong di handle dan dibatasi anak-anak dari medsos agar tidak mengganggu," jelasnya.

Sebab, menurut dia, Gothia Cup menjadi sebuah jembatan bagi para pesepakbola muda Indonesia untuk unjuk gigi di pentas dunia. Adapun, bila kesuksesan menyinari skuad Merah Putih, bukan tak mungkin hal tersebut menjadi sebuah jembatan untuk melanjutkan kiprah ke tim nasional.

"Pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap pembinaan usia dini. Ini menjadi konsen dari pemerintah agar kita yang berpenduduk lebih dari 200 juta tidak kehilangan talenta (di cabang sepakbola -red). Karena suatu saat kalian akan menjadi bagian di tim nasional," ucap Menpora.

Sebagaimana diketahui, Indonesia Junior Soccer League (IJSL) akan mewakili Indonesia di ajang Gothia Cup 2022. Tim asuhan Gilang Ramadhan berpartisipasi di kelompok U-12. Pada edisi sebelumnya, yakni 2018, IJSL berhasil mengharumkan nama bangsa dengan meraih trofi juara di ajang yang sama.

Baca Juga: FIBA Asia Cup 2022, Bolden Dipastikan dalam Kondisi Siap Tempur

Tim IJSL sendiri berada di Grup R bersama dengan satu tim Jerman dan dua tim tuan rumah. Ketua IJSL, Novend Hippy berharap anak asuhnya bisa kembali mengulang prestasi tahun 2018, 2019, di mana tim IJSL keluar sebagai juara.

“Persiapan telah kami lakukan selama satu bulan. Persiapan mulai dari latihan fisik, mental, strategi pertandingan diharapkan dengan persiapan matang tersebut kami dapat mengulangi prestasi IJSL sebelumnya pada tahun 2018, 2019 yaitu menjadi juara pertama,” jelasnya.

Pemain termuda IJSL, Risman Umasugi menyatakan tekadnya untuk memberikan penampilan terbaik di Gothia Cup 2022. Pemain SSB Kabomania Muda yang tercatat sebagai pelajar kelas 5 SD Cantanjaya Bogor, Jawa Barat ini merasa senang bisa bermain di luar negeri.

"Saya senang dan bangga bisa bermain di luar negeri memperkuat IJSL. Mudah-mudahan kami bisa menjadi juara," kata putra ketiga dari tiga bersaudara Peltu Ali Umasugi yang tercatat sebagai prajurit Yonkes Kostrad ini.

"Ya, saya akan berusaha menjaga gawang agar tidak kebobolan dalam setiap pertandingan sehingga bisa terus melangkah ke final," timpal kiper IJSL, Anthony Dominic dari EDF La Liga Vamos.

Jadwal Pertandingan :
18 Juli Game 1 - IJSL vs Helsingborgs IF Rod
19 Juli Game 2 - IJSL vs SV Grun Weiss Grossbereen
20 Juli Game 3 - IJSL vs IFK Aspudden-Tellus Gul B
21-23 Juli Babak Knockout s/d Final

Daftar pemain dan pelatih Tim IJSL :
Pelatih : Gilang Ramadhan 
Kiper :
1. Anthony Dominic (EDF La Liga Vamos)
2. Hesyam Rusyidi (Putra Pakuan)
Bek :
3. Azka Ghaisan Prayogi (Farmel Isvil FA)
4. Abdullah Azzam (Saint Prima)
5. Fathoni Mada Jaya Rusmana (BIMBA FC)
6. Awaludin Apriansyah (Pratama Tambelang)
7. Muhammad Fatih Fadillah (Cibinong Raya)
Gelandang :
8. Razlya Putra Setiawan (Sukabumi FA)
9. Ilham Bakti Riskiawan (Satria Cipta FC)
Sayap :
10. Muhamad Bilal Hidayatullah (Oneway SS)
11. Rifky Ahmad Khadafi (Jak Soccer)
12. Risman Umasugi (Kabomania Muda)
13. Moh Ramadhani Albisri (Akademi Persib Bogor)
Striker :
14. Oksal Kristian Gani (Sentul City)
15. Raushan Dzakhwan Fakhrizi (Saint Prima)

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Origami, Itu yang Ditinggalkan Timnas Jepang di Qatar

Selasa, 6 Desember 2022 | 16:08 WIB

Dominik Livakovic, Tembok Kokoh Pahlawan Kroasia

Selasa, 6 Desember 2022 | 06:41 WIB

Hebi Marapu Siap Rebut Sabuk Juara di Malaysia

Senin, 5 Desember 2022 | 22:40 WIB
X