• Sabtu, 13 Agustus 2022

Meksi Kalah, Timnas Basket Indonesia Berikan Perlawanan Terbaik Saat Lawan Arab Saudi

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 00:15 WIB
Ilustrasi pertandingan Indonesia vs Arab Saudi
Ilustrasi pertandingan Indonesia vs Arab Saudi

HARIANTERBIT.COM - Timnas bola basket Indonesia harus mengakui ketangguhan Arab Saudi dalam pertandingan kelima Grup C Kualifikasi FIBA World Cup 2023. Meski kalah, timnas basket Indonesia menunjukkan perlawanan sengit dengan skor akhir 67-69 dalam laga di Istora Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta, Jumat (1/7/2022) malam.

"Tim kita bermain bagus tiga kuarter dan selalu unggul, tapi kemudian bermasalah dengan foul trouble. Setelahnya kita kehilangan momentum. Beberapa pemain kurang memiliki pengalaman dalam menghadpi situasi tersebut. Namun secara keseluruhan permainan tim kita bagus. Para pemain menunjukkan fighting spirit dan energi. Kita kalah rebound karena Arab Saudi memiliki atletisme, tapi kita punya lebih banyak assist," kata pelatih timnas Indonesia Rajko Torman usai laga.

Hasil ini membuat tim asuhan Rajko Toroman belum mencetak satu kemenangan pun dari lima laga yang telah dimainkan dan Indonesia dipastikan tidak lolos ke putaran kedua grup kualifikasi Asia.

Namun sejak awal pelatih Rajko Toroman mengatakan fokus utamanya ada di FIBA Asia Cup 2022. Sebab Indonesia bisa menembus FIBA World Cup 2023 jika minimal menembus peringkat delapan.

Baca Juga: Misi yang Tak Mustahil Bagi Tim Basket Indonesia di Window II Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Grup C Zona Asia

Ia pun mengaku tidak terlalu memikirkan kekalahan ini. Sebab tujuan utama timnas basket ada di FIBA Asia Cup. Itu juga yang membuatnya memutuskan mengistirahatkan Marques Bolden. Sebab, Marques sebenarnya tidak dalam kondisi 100 persen sejak SEA Games 2022 lalu. "Perkembangan tim ini cukup baik. Saya berharap semua tetap mendukung tim ini," ujar coach Toro.

Dalam laga ini, Rajko Toroman menurunkan lima pemain utama Derrick Michael, Brandon Jawato, Vincent Rivaldi Kosasih, Agassi Yeshe Goantara, dan Andakara Prastawa. Sedangkan Arab Saudi memainkan starter Mohammed Al Marwani, Mathna Almarwani, Fahad Belal, Khalid Abdel Gabar, dan Musab Tariq Kadi.

"Meskipun kalah ada banyak hal positif. Kami masih terus berkembang sebagai tim dan kami juga tadi tidak bermain full team. Dari sudut pandang energi dan fighting spirit, game tadi cukup baik. Selanjutnya, kami harus lebih bersiap lagi," kata kapten timnas basket Indonesia Arki Dikania Wisnu.

Baca Juga: Indonesia Bawa 14 Pemain Terbaik Hadapi Arab Saudi dan Yordania di Window II Kualifikasi FIBA World Cup 2023

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rene Alberts Mundur, Ini Pernyataan Persib Bandung

Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:09 WIB

Serena Williams Umumkan Segera Gantung Raket

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:19 WIB

Filip Kostic Diklaim Sepakat Gabung ke Juventus

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:35 WIB

Lalorta Klaim Frenkie de Jong Bertahan di Barcelona

Senin, 8 Agustus 2022 | 23:06 WIB

Chelsea Merugi Lepas Timo Werner

Senin, 8 Agustus 2022 | 21:43 WIB
X