• Kamis, 18 Agustus 2022

Sampaikan Salam Presiden Jokowi di Pembukaan FORNAS VI, Menpora: Awal yang Baik Gerakkan Olahraga Masyarakat

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 00:20 WIB
Menpora Amali dalam pembukaan FORNAS ke-VI Palembang 2022
Menpora Amali dalam pembukaan FORNAS ke-VI Palembang 2022

HARIANTERBIT.COM - Salam sehat, bugar, gembira dan luar biasa mengawali sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali saat membuka secara resmi Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI di Palembang, Sumatera Selatan, ketika berlangsung di Rowing and Canoeing Regatta Course Jakabaring Sport City Palembang, Jumat (1/7/2022) malam.

Salam hangat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pun disampaikan Menpora Amali khususnya kepada seluruh peserta FORNAS ke-VI dan umumnya masyarakat Sumatera Selatan dan rakyat Indonesia.
"Beliau menyampaikan permohonan maaf yang sedianya hadir langsung membuka FORNAS ke-VI ini, namun berhalangan hadir lantaran bertepatan ada tugas kenegaraan di luar negeri dan mengutus kami untuk membuka ajang ini," ucap Menpora Amali.

Penyelenggaraan FORNAS ini sebagai implementasi Perpres No.86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), dan Undang-Undang Keolahragaan No.11 Tahun 2022 yang di dalamnya terkandung Indonesia Bugar, Berkarakter Unggul, dan Berprestasi Dunia.

"Olahraga masyarakat yang mungkin saja belum terlalu populer dibandingkan dengan olahraga prestasi, padahal sejatinya dalam UU Keolahragaan No.11 Tahun 2022 ada tiga kelompok olahraga, yakni olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga masyarakat," tutur Menpora Amali.

Baca Juga: Menpora Amali Buka Fornas VI di Palembang, Mewakili Presiden Joko Widodo

Jika berbicara Indonesia bugar, itu identik dengan olahraga masyarakat, karena untuk membuat bangsa ini bugar membutuhkan jumlah masyarakat besar yang datang dari olahraga masyarakat dan melalui FORNAS ini yang merupakan pestanya olahraga masyarakat Nasional, memiliki magnet hingga 34 Provinsi dengan peserta lebih dari 11.000 pada edisi ke-VI tahun 2022 ini.

"Olahraga masyarakat sangat memegang peranan penting, karena tidak mungkin kita mendapatkan prestasi yang gemilang kalau dari hulunya yakni olahraga masyarakat tidak kita gerakkan. Artinya, olahraga masyarakat hlu dari olahraga prestasi. Hanya di tengah-tengah masyarakat yang rajin dan gemar berolahaga, menjadikan olahraga sebagai gaya hidup maka akan muncul talenta-alenta untuk atlet-atlet prestasi. Oleh karena itu, pemerintah memberi ruang dan tempat yang sama kepada olaraga masyarakat," tambahnya.

"Sekarang mulai menggeliat setelah dua tahun kita mengalami pandemi Covid-19, melalui FORNAS ke-VI ini sebagai awal yang baik untuk menggerakkan kembali kegiatan olahraga ditengah-tengah masyarakat," pungkasnya.

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MU Kalah Lagi, Ini Kata Erik ten Hag

Minggu, 14 Agustus 2022 | 11:53 WIB

Rene Alberts Mundur, Ini Pernyataan Persib Bandung

Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:09 WIB
X