• Kamis, 18 Agustus 2022

Kerjasama dengan Pengprov Sumsel, LPDUK Kelola Dana Komersial FORNAS VI

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 00:12 WIB
Pembukaan FORNAS ke-VI tahun 2022 di palembang, Sumatera Selatan
Pembukaan FORNAS ke-VI tahun 2022 di palembang, Sumatera Selatan


HARIANTERBIT.COM - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Panitia Pelaksana Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI Sumatera Selatan Tahun 2022 menjalin kerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora dalam pengelolaan dana komersial/sponsor pesta olahrara rekreasi paling akbar tingkat nasional yang digelar oleh Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI).

Sebagai event yang menggunakan anggaran dan fasilitas negara, pengelolaan dana sponsor FORNAS VI memang termasuk obyek penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang kemudian bisa digunakan kembali untuk mendukung penyelenggaraan event.

FORNAS VI 2021 Sumatera Selatan Tahun 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 1 s.d. 7 Juli 2022 dan upacara pembukaan dilaksanakan pada Jumat (1/6/2022) di Rowing and Canoeing Regatta Course Jakabaring Sport City Palemban, menjadi momentum penting untuk mewujudkan industrialisasi pada olahraga rekreasi sebagai bagian dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang tengah digaungkan oleh Kemenpora.

Baca Juga: Menpora Amali Buka Fornas VI di Palembang, Mewakili Presiden Joko Widodo

Berdasarkan surat komitmen (commitment latter) sponsor yang sudah masuk, dana sponsor FORNAS VI sudah mencapai sekitar Rp 15 milyar. Dana sponsor tersebut membantu Panitia Pelaksana FORNAS VI untuk menghadirkan event yang lebih berkualitas dan semarak ditengah keterbatasan anggaran dari ABPD maupun APBN.

"Kami menyampaikan terimakasih dengan antusasime masyarakat Sumsel untuk menyemarakkan FORNAS VI ini. Juga kepada para sponsor yang sudah berkontribusi dan jumlahnya signifikan. Kami sudah berkoordinasi dengan Panitia Pelaksana FORNAS VI terkait penggunaan dana sponsor tersebut, termasuk didalamnya untuk Upacara Pembukaan dan Penutupan FORNAS VI," jelas Plt. Kepala Divisi Keuangan dan Umum LPDUK Kemenpora, Dini Desriani.

Sejumlah perusahaan, baik BUMN, BUMD maupun swasta terlibat mensponsori kegiatan FORNAS VI Sumsel ini. Antara lain PT Bukit Asam, Bank Sumsel Babel, PT OKI Pulp&Paper, Bank BPR Sumsel, PT Jamkrida Sumsel, PT Sriwijaya Sumsel Mandiri, PT Sumsel Energy Gemilang, PT Pupuk Sriwijaya, PT Swarnadwipa dan PT Semen Baturaja.

Baca Juga: KORMI Laporkan Pelaksanaan Fornas VI Palembang Ke Menpora Amali

Sebagai Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kemenpora dan Kementerian Keuangan, LPDUK merupakan unit kerja yang memiliki fungsi utama mendorong dan mengembangkan industri olahraga. Lembaga ini memiliki visi Menjadi Lembaga yang Profesional dan Akuntabel dalam Pengelolaan Dana dan Penyelenggaraan Usaha Keolahragaan di Indonesia.

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MU Kalah Lagi, Ini Kata Erik ten Hag

Minggu, 14 Agustus 2022 | 11:53 WIB

Rene Alberts Mundur, Ini Pernyataan Persib Bandung

Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:09 WIB
X