• Kamis, 18 Agustus 2022

Menpora Amali Buka Fornas VI di Palembang, Mewakili Presiden Joko Widodo

- Kamis, 30 Juni 2022 | 23:49 WIB
Menpora Amali usai menerima audiensi Ketua Umum Kormi Nasional Hayono Isman yang melaporkan kesiapan Fornas VI di Palembang, Sumatera Selatan.
Menpora Amali usai menerima audiensi Ketua Umum Kormi Nasional Hayono Isman yang melaporkan kesiapan Fornas VI di Palembang, Sumatera Selatan.

HARIANTERBIT.COM -  Kota Palembang di Sumatera Selatan akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke-VI, dimana seremonial pesta olahraga masyarakat itu akan dibuka oleh Menpora Zainudin Amali mewakili Presiden RI Joko Widodo, pada Jumat (1/7/2022) malam.

Hal tersebut diungkapkan Menpora Amali usai menerima Ketua Komite Olahraga Masyaraat Indonesia (Kormi) Nasional Hayono Isman yang juga merupakan mantan Menpora di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis, (30/6/2022), yang melaporkan perkembangan terakhir terkait penyelenggaraan Fornas ke-VI itu.

“Saya menerima ketua umum Kormi Nasional yang melaporkan tentang persiapan Fornas ke-VI yang dilaksanakan pada 1 Juli nanti di Palembang, Sumatera Selatan. Sedianya bapak Presiden akan membuka secara langsung, tetapi karena ada kegiatan beliau kunjungan kerja ke luar negeri maka diwakilkan kepada saya,” kata Menpora Amali kepada awak media.

Baca Juga: KORMI Laporkan Pelaksanaan Fornas VI Palembang Ke Menpora Amali

Fornas tahun ini punya animo yang sangat tinggi. Hal tersebut diketahui setiap daerah mengirimkan kontingennya dengan total peserta mencapai 11 ribu. Menpora Amali berharap penyelenggaraannya berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

Disamping itu, Menpora Amali bilang kegiatan olahraga masyarakat terdapat dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang keolahragaan dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Dimana menjadi fokus kegiatan yang dilakukan Kormi adalah mendorong peningkatan kebugaran masyarakat dan supaya gemar berolahraga. Kemudian diberbagai kesempatan saya sampaikan bahwa DBON itu ada dua yang dituju yakni hulu dan hilir," ujar Menpora Amali.

Lebih lanjut, Menpora Amali bilang hulu dalam DBON adalah kebugaran masyarakat. Hal ini jelas Kormi memiliki peran dalam meningkatkan kebugaran masyarakat. Sedangkan hilirnya adalah prestasi yang menjadi bagian dari KONI, NOC, hingga NPC Indonesia.

“Jadi sudah jelas pembagiannya, dan ini sama pentingnya olahraga masyarakat dengan olahraga pendidikan, serta olahraga prestasi,” jelas Menpora Amali.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MU Kalah Lagi, Ini Kata Erik ten Hag

Minggu, 14 Agustus 2022 | 11:53 WIB

Rene Alberts Mundur, Ini Pernyataan Persib Bandung

Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:09 WIB
X