• Kamis, 18 Agustus 2022

Kejar Sejarah Suntik Optimisme Tim Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022

- Kamis, 30 Juni 2022 | 12:27 WIB
Timnas basket Indonesia saat beruji coba di Australia (Perbasi)
Timnas basket Indonesia saat beruji coba di Australia (Perbasi)

HARIANTERBIT.com - Kurang dari dua pekan lagi, Timnas Basket Indonesia akan mengarungi gelaran bergengsi di tingkat Asia, yakni FIBA ASIA Cup 2022. Kejuaraan akan berlangsung di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta pada 12-24 Juli mendatang.

Ada misi khusus bagi Indonesia. Selain mengejar sukses penyelenggaraan dan juga administrasi, tentu tujuan utama timnas basket ialah menembus babak delapan besar. Sebab, hal itu akan memastikan Merah Putih melangkah otomatis ke FIBA World Cup 2023.

Di FIBA World Cup 2023, Indonesia akan menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara. Maka tak ayal kesempatan emas pantang dibuang untuk tampil pada kejuaraan basket tingkat dunia di markas sendiri.

Baca Juga: Soal Promosi SARA, Legislator: Holywings Lakukan Pembohongan Publik

Optimisme kian menggelora menyusul kesuksesan timnas basket meraih medali emas di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam. Keberhasilan itu menambah pelecut bagi tim asuhan Rajko Toroman untuk melanjutkan kesuksesan di FIBA Asia 2022.

Bukan hanya pemerintah maupun pengurus cabang olahraga, dalam hal ini Perbasi. Optimisme juga dilontarkan salah satu punggawa timnas basket Indonesia, Derrick Michael Xzavierro. Ia dan kolega bertekad kembali torehkan sejarah untuk membuat bangsa Indonesia.

Raihan keping emas di SEA Games 2021 Vietnam lalu menjadi modal apik Derrick dkk. Pasalnya jika timnas lolos di FIBA Asia Cup 2022 maka, Indonesia dipastikan akan masuk menjadi peserta pada Kejuaraan Dunia Basket tahun 2023 mendatang.

Baca Juga: Dampak Ekonomi Formula E Capai Rp2.6 T, SDR: Parameternya Gak Jelas, Angka Itu dari Mana ??

"Pokoknya menyambut FIBA Asia Cup ini kita tambah semangat pastinya. Karena ini jadi histori dan kita ingin buat histori lagi bagi basket Indonesia," tegas pemuda keturunan Kamerun-Sumatera Utara ini saat ditemui disela-sela latihan di Istora GBK, Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Timnas Basket Indonesia sendiri tergabung di Grup A bersama Yordania, Arab Saudi, dan Australia. Lawan yang dihadapi Timnas Basket Indonesia terhitung berat. Kendati demikian Derrick bertekad memberikan 100 persen kemampuannya.

"Untuk di FIBA Asia Cup 2022 pastinya kita maunya turunkan 100% kemampuan kita apalagi disaat kita menjadi tuan rumah banyak fans tentu kita mau menang dan membuat Indonesia bangga," tekad pria memiliki tinggi badan 203 cm ini.

Derrick mengaku porsi latihannya sejauh ini masih tergolong normal. Pebasket berusia 19 tahun ini sedang fokus belajar memperbaiki kekurangan saat latihan seusai timnas pulang dari try out di Australia. "Kami 100 persen latihan masih normal, apa yang kemarin kurang kita betulin," ungkapnya.

"Pastinya kita akan melawan Saudi Arabia dulu di kualifikasi FIBA World Cup. Jadi, disitu kita bisa belajar dari Saudi dan mungkin juga Saudi juga belajar dari Indonesia jadi sama-sama belajar," pungkas pemuda kelahiran 1 April 2003 itu.

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MU Kalah Lagi, Ini Kata Erik ten Hag

Minggu, 14 Agustus 2022 | 11:53 WIB

Rene Alberts Mundur, Ini Pernyataan Persib Bandung

Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:09 WIB
X