• Selasa, 29 November 2022

Polemik Israel Tampil di Piala Dunia U20, Menpora: Indonesia Ikuti Aturan FIFA

- Senin, 27 Juni 2022 | 22:48 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali

 


HARIANTERBIT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan bahwa keikutsertaan Israel di ajang Piala Dunia U-20/2023 tak bisa dihalangi Indonesia selaku tuan rumah.

Menurut dia, semua keputusan mengenai Israel yang akan berpartisipasi di Piala Dunia U-20 di Indonesia berada di tangan FIFA selaku federasi tertinggi sepakbola sejagat.

"Terkait ramainya di medsos penolakan Israel, tentu ada yang setuju atau tidak. Orang menyampaikan aspirasinya, kita harus pahami itu. Tidak boleh juga kita tanggapi dengan marah-marah. Iya dong. Namanya ekspresi dari masyarakat," kata Menpora di Jakarta, Senin (27/6/2022).

"Tinggal saya minta kepada teman teman untuk menjelaskan kalau FIFA memang aturannya seperti itu. Jadi yang menentukan boleh main atau tidak itu FIFA. Kita sebagai tuan rumah harus ikuti apa yang digariskan oleh FIFA," jelasnya menambahkan.

Baca Juga: Delegasi FIFA Berkesan dengan Persiapan Indonesia Menggelar Piala Dunia U-20 Tahun 2023

Menpora Amali menegaskan, tak elok bagi Indonesia untuk memboikot Israel di turnamen tersebut. Terlebih, Israel berhasil melangkah ke putaran final Piala Dunia U-20 tahun depan setelah lolos dari babak kualifikasi zona Eropa.

"Pertandingan sepakbola diatur oleh FIFA. Sehingga setiap negara yang mau menjadi tuan rumah diminta pengertiannya. Nah kita sudah punya government guarantee," tuturnya.

"Bagian dari itu semua negara yang lolos untuk bisa bertanding di Indonesia. Sangat clear dan FIFA serta PSSI pasti sama. Kami menjadikan pertandingan ini adalah bagian dari olahraga yang tidak tercampur oleh hal lain," ujar dia.

Setali tiga uang dikatakan PSSI. Sekjen PSSI Yunus Nusi menegaskan semua negara berhak bermain di Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia jika mereka memang dipastikan lolos.

"Soal Israel, saya rasa sudah ada tanda tangan agreement pemerintah tahun lalu. Siapa pun yang lolos bisa datang. Israel tetap kami akomodasi. Itu adalah keputusan terakhir kami di rapat dengan pemerintah pada tahun lalu menyangkut Israel," katanya dikutip laman PSSI.

Baca Juga: Sambut Piala Dunia U-20, Menpora Amali Sebut Semua Persiapan Berjalan Baik

Sebagaimana diketahui, Israel memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023. Kepastian itu didapat setelah mereka kalah 0-1 dari Inggris pada laga terakhir penyisihan Grup B Piala Eropa U-19 2022 di Stadion Mestsky, Ziar Nad Hronom, Slovakia, Sabtu (25/6/2022) lalu.

Gol Inggris dicetak Liam Delap pada menit keenam. Dengan hasil ini, Inggris berada di puncak klasemen Grup A dengan sembilan poin. Sedangkan Israel menempati urutan kedua dengan nilai empat poin hasil menang melawan atas Austria dan imbang melawan Serbia.

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wales vs Inggris, Derby Panas Britania Raya

Selasa, 29 November 2022 | 07:52 WIB

Sempat Selebrasi, Rekor Ronaldo Terbaru Gagal Tercatat

Selasa, 29 November 2022 | 07:15 WIB

Mencari Berkah

Selasa, 29 November 2022 | 06:11 WIB

Brasil Susul Prancis ke 16 Besar

Selasa, 29 November 2022 | 02:02 WIB

Konsorsium Timur Tengah Siap Ambil Alih Liverpool

Senin, 28 November 2022 | 04:40 WIB
X