• Rabu, 10 Agustus 2022

Ini Tanggapan PSSI Ihwal Israel yang Bakal Tampil di Piala Dunia FIFA U-20

- Senin, 27 Juni 2022 | 23:05 WIB
PSSI
PSSI

HARIANTERBIT.COM - Kabar mengejutkan datang dari tanah Eropa. Itu tak lepas setelah Israel berhasil melangkah ke putaran final Piala Dunia FIFA U-20 yang berlangsung di Indonesia, tahun depan.

Konflik panjang dengan pejuang Palestina membuat Israel acap dikucilkan bahkan diboikot oleh negara-negara yang mayoritas masyarakatnya beragama muslim.

Berbicara ihwal sepakbola, Israel sejatinya berdomisili di wilayah Asia. Akan tetapi, mayoritas negara di benua kuning menolak keberadaannya. Alhasil mereka mengungsi ke Eropa.

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang bersitegas mengecam dan mengutuk agresi Israel di tanah Palestina. Tercatat, Merah Putih telah menolak tanding sebanyak dua kali saat bersua Israel.

Penolakan datang dari cabang olahraga sepakbola dan juga tenis lapangan. Di sepakbola, penolakan dilakukan pada Kualifikasi Piala Dunia 1958.

Cabang tenis juga menolak bermain di Israel pada babak grup dunia Piala Fed 2006. Selain itu banyak kejuaraan internasional lain yang Israel acap terkucilkan.

Baca Juga: Sambut Piala Dunia U-20, Menpora Amali Sebut Semua Persiapan Berjalan Baik

Sebab, Indonesia memang mempunyai ikatan kuat dengan Palestina. Terutama dari sisi politik dan juga agama.

Menyikapi hal tersebut, PSSI pun memberikan jawaban ihwal keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20. Sekjen PSSI Yunus Nusi menegaskan semua negara berhak bermain di Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia jika mereka memang dipastikan lolos.

"Soal Israel, saya rasa sudah ada tanda tangan agreement pemerintah tahun lalu. Siapa pun yang lolos bisa datang," ujarnya dikutip laman PSSI, Senin (27/6/2022).

Israel tetap kami akomodasi. Itu adalah keputusan terakhir kami di rapat dengan pemerintah pada tahun lalu menyangkut Israel."

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali juga menegaskan sudah ada jaminan bagi Israel untuk bisa tampil di Piala Dunia U-20 di Indonesia dan kepastian ini disampaikan sebelum mereka lolos.

Baca Juga: Menakar Kans Garuda Muda di Piala Dunia FIFA U-20, Ada Potensi Kejutan?

"Sudah kami bahas sejak 2019. Semua negara yang lolos menjadi peserta Piala Dunia U-20 2023, dipersilakan untuk bermain," ujar Amali pada 23 Juni lalu.

"Jadikan olahraga itu tidak ada urusan dengan politik. Karena itu FIFA sudah menyampaikan kepada kami, siapa pun negara yang lolos, harus bisa bertanding di Indonesia. Jadi, tidak ada masalah. Pasti pihak keamanan kita akan memberikan rasa aman. Ini hal yang perlu diperhatikan," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Israel memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Kepastian itu didapat setelah mereka kalah 0-1 dari Inggris pada laga terakhir penyisihan Grup B Piala Eropa U-19 2022 di Stadion Mestsky, Ziar Nad Hronom, Slovakia, Sabtu (25/6/2022) lalu.

Gol Inggris dicetak Liam Delap pada menit keenam. Dengan hasil ini, Inggris berada di puncak klasemen Grup A dengan sembilan poin.

Sedangkan Israel menempati urutan kedua dengan nilai empat poin hasil menang melawan atas Austria dan imbang melawan Serbia.

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Serena Williams Umumkan Segera Gantung Raket

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:19 WIB

Filip Kostic Diklaim Sepakat Gabung ke Juventus

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:35 WIB

Lalorta Klaim Frenkie de Jong Bertahan di Barcelona

Senin, 8 Agustus 2022 | 23:06 WIB

Chelsea Merugi Lepas Timo Werner

Senin, 8 Agustus 2022 | 21:43 WIB

Liverpool Seri, Klopp: Fulham Ngotot, Kami Kewalahan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 10:48 WIB
X