• Jumat, 1 Juli 2022

Menpora Amali Tegaskan Sebagai Ketua Panitia Nasional Penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022

- Kamis, 23 Juni 2022 | 21:03 WIB
Menpora Zainudin Amali
Menpora Zainudin Amali

HARIANTERBIT.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menegaskan sekaligus meluruskan bahwa Ketua Panitia Nasional Penyelenggaraan ASEAN Para Games (APG) 2022 Solo (Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee/INASPOC) adalah pemerintah pusat, dalam hal ini dirinya selaku Menpora.

Penegasan Menpora Amali tersebut berdasarkan Perpres Nomor 95 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan ASEAN Para Games (APG) 2022 yang tertuang pada Pasal 7 ayat 1 yang menerangkan susunan keanggotaan penyelenggara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 huruf b terdiri atas a. ketua : Menteri, dalam hal ini yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang olahraga.

Baca Juga: Gerakan Biru Kuning: Cak Imin Capres NU Tulen, Calon Lainnya Cuma Mendadak NU

"Ketua penyelenggara ASEAN Para Games (APG) 2022 itu saya, selaku Menpora RI," tegas Menpora Amali kepada awak media di Jakarta, Kamis, 23 Juni 2022.

Venue penyelenggaraan APG 2022 memang mayoritas terdapat di Surakarta, namun ada beberapa venue yang berada diluarnya seperti di Semarang dan Karanganyar. Oleh karena itu, untuk lebih mensukseskan pesta olahraga atlet disabilitas edisi ke-11 itu, Menpora Amali melibatkan kepala daerah setempat untuk membantu pelaksanaan penyelenggaraannya.

"Kendali dan tanggung jawab dan segala sesuatunya ada di Menpora. Jadi, pemerintah setempat itu membantu pelaksanaan penyelenggaraannya saja, sehingga tidak benar seperti yang sudah beredar jika penafsirannya seperti itu," ucap Menpora Amali saat ditanya awak media terkait berkembangnya isu jika Presiden RI menunjuk langsung Gibran sebagai Ketua Pelaksana.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas, 7 Parpol Punya Elektabilitas di Bawah 1 Persen, PSI Masuk Lubang Kubur

Ya, apa yang diungkapkan Menpora Amali tersebut bukannya tanpa dasar. Dalam Perpres tentang ASEAN Para Games tersebut dalam pasal 11 ayat 1 berbunyi, "Untuk membantu tugas Panitia Nasional INASPOC, ketua penyelenggara menugaskan NPC Indonesia sebagai pelaksana ASEAN Para Games XI Tahun 2022.

Tidak berhenti sampai disitu, pada ayat kedua pasal yang sama, Perpres Nomor 95 Tahun 2022 tersebut mengatakan "Ketua Umum NPC Indonesia sebagaimana dimaksud pada ayat (1) membentuk: (a). pelaksana INASPOC; (b). pelaksana prasarana dan sarana; dan (c). pelaksana prestasi olahraga.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bek Inter Milan Menanti Masa Depan

Rabu, 29 Juni 2022 | 23:49 WIB

Man United Tolak Lepas Maguire ke Barcelona

Selasa, 28 Juni 2022 | 04:15 WIB

Maldini Segera Perpanjang Kontrak Bersama Milan

Selasa, 28 Juni 2022 | 02:35 WIB
X