• Senin, 26 September 2022

Kunjungan Kerja ke Eropa, Biden Tidak Datangi Ukraina

- Selasa, 21 Juni 2022 | 10:34 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Presiden Amerika Serikat Joe Biden

Jakarta, HanTer - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan bahwa dia mungkin tidak akan mengunjungi Ukraina selama perjalanan ke Eropa yang dimulai pada pekan ini.

Ketika ditanya apakah dia berencana mengunjungi Ukraina, Biden pertama kali mengatakan "itu tergantung". Tapi kemudian dia mengatakan "dalam perjalanan saat ini, tidak mungkin," saat dia berbicara kepada wartawan yang mendesaknya tentang kemungkinan seperti itu saat dia berjalan-jalan di pantai selama liburan panjang akhir pekan.

Biden termasuk di antara sejumlah pemimpin Barat yang belum mengunjungi Ukraina untuk menunjukkan dukungan terhadap invasi Rusia.

Pekan lalu, Presiden Prancis Emmanuel Macron bergabung dengan perdana menteri Jerman dan Italia mengunjungi Ukraina, dan Perdana Menteri Boris Johnson telah berada di sana dua kali.

Sebelumnya, Biden pergi mengunjungi Polandia yang berbatasan dengan Ukraina di barat, pada akhir Maret lalu. Kemudian Biden menuju Jerman pada hari Sabtu untuk KTT Kelompok Tujuh, lantas ke Madrid untuk pertemuan para pemimpin NATO.

Biden mengatakan kepada wartawan bahwa kunjungan ke Ukraina akan bergantung pada banyak hal. "Apakah itu menyebabkan lebih banyak kesulitan bagi Ukraina atau tidak, apakah itu mengalihkan perhatian dari apa yang sedang terjadi dan perjalanan seperti itu tidak mungkin selama tur Eropa ini," ucapnya.

Biden mengatakan dia berhubungan dekat dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, berbicara kepadanya “hampir empat kali seminggu.”

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tekuk Curacao 3-2, Peringkat Timnas Indonesia Naik!

Sabtu, 24 September 2022 | 22:49 WIB

Indonesia vs Curacao, Cuco Martina: Kami Siap Buktikan

Sabtu, 24 September 2022 | 08:07 WIB
X