• Rabu, 28 September 2022

Gibran Ingin Dongkrak Budaya Solo di Mata Internasional melalui Ajang ASEAN Para Games 2022

- Senin, 20 Juni 2022 | 22:34 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menerima bendera ASEAN Para Sports Federation (APSF) beberapa waktu lalu, dimana Indonesia dalam hal ini Kota Solo didaulat sebagai tuan rumah ASEAN Para Games 2022
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menerima bendera ASEAN Para Sports Federation (APSF) beberapa waktu lalu, dimana Indonesia dalam hal ini Kota Solo didaulat sebagai tuan rumah ASEAN Para Games 2022


Jakarta, HanTer - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang menjadi Ketua Panitia Penyelenggara (INASPOC) ASEAN Para Games 2022 memiliki semangat besar untuk membawa nama Indonesia, bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi event olahraga disabilitas di Asia Tenggara.

Keseriusan dan semangat itu ditunjukkan Gibran Rakabuming Raka dengan terus mematangkan persiapan Solo sebagai tuan rumah ASEAN Para Games 2022 yang akan berlangsung pada 30 Juli hingga 6 Agustus mendatang itu.

Gibran sendiri menjamin kota Solo akan siap untuk menjadi ruan rumah. "Semua sudah kita persiapkan dengan matang dan baik. Saya ingin Solo kota kecil yang memiliki latar budaya kuat bisa dilihat dunia sukses menyelenggarakan event olahraga level internasional seperti ASEAN Para Games ini," kata Gibran usai melakukan Rakor dengan Menpora Zainudin Amali.

Wali Kota Solo itu dalam dua hari ini terus mendampingi Menpora Amali mematangkan persiapan ASEAN Para Games 2022. Mulai dari rapat koordinasi dengan jajaran terkait, hingga mendampingi meninjau kesiapan venue. Dia sendiri yakin Solo bisa menjadi tuan rumah yang baik dengan fasilitas yang dimiliki.

Putra Presiden Jokowi ini juga menyebut jika fasilitas olahraga yang dimiliki kota Solo sebagian besar sudah berstandart internasional. Bahkan untuk ASEAN Para Games kali ini, ada venue yang memanfaatkan peninggalan budaya untuk dijadikan tempat pertandingan yakni di Tjolomadoe yang merupakan bekas pabrik gula zaman Belanda dan sekarang jadi museum.

Menpora Amali sendiri pun menilai tepat jika penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 di Solo nanti dicampur dengan perpaduan culture (budaya), apalagi Solo memiliki budaya yang kuat.

"Saya setuju jika penyelenggaraan ASEAN Para Games yang dipadukan dengan menonjolkan budaya kota Solo yang kuat dan pasti akan menjadi daya tarik sendiri bagi para peserta dari negara lain," ujar Menpora Amali.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jam Kick Off Persib vs Persija Dimajukan

Rabu, 28 September 2022 | 16:51 WIB

Hasil Indonesia vs Curacao, Garuda Menang 2-1

Selasa, 27 September 2022 | 22:24 WIB
X