• Rabu, 28 September 2022

Terkait Unggahannya di Media Sosial, Ketua PB Persani akan Panggil Rifda Irfanaluthfi Sepulangnya dari Doha

- Kamis, 16 Juni 2022 | 22:39 WIB
Ketua Umum PB Persani, Ita Yulianti Irawan dan pesenam Rifda Irfanaluthfi
Ketua Umum PB Persani, Ita Yulianti Irawan dan pesenam Rifda Irfanaluthfi

Jakarta, HanTer - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia (PB Persani), Ita Yulianti Irawan akan memanggil pesenam peraih 2 emas dan satu perunggu SEA Games 2021 Vietnam, Rifda Irfanaluthfi terkait unggahannya di media sosial beberapa waktu lalu. Rencananya, Rifda akan dipanggil sepulang dari Asia Championship di Doha.

Satu sisi, kata Ita, panggilan akrabnya, Persani memberikan dukungan penuh kepada Rifda, untuk meraih mimpinya tampil di Olimpiade. Apalagi, ia atlet berbakat. Di sisi lain, sebagai induk organisasi mereka juga harus bersikap tegas terhadap sikap dan perbuatan yang sudah dilakukan anak-anak asuhnya.

“Saat ini kami ingin Rifda fokus dulu tampil di Asia Championship. Kami tidak ingin konsentrasinya terganggu. Kami berharap, Rifda bisa memberikan prestasinya di sana,” kata Ita seperti dikutip dari release yang dikeluarkan PB Persani pada Kamis (16/6/2022).

“Sepulang dari Doha, kami akan mencoba duduk dan memberikan edukasi tata cara berkomunikasi atlet, karena segala sesuatu itu harus diselesaikan internal terlebih dahulu sehingga bisa mendapat informasi yang tepat serta solusi terbaik. Saya juga berharap, ke depan komunikasi antara pengurus, pelatih, serta atlet dapat berjalan lebih lancar sehingga kejadian seperti ini tak perlu terjadi,” tambahnya.

Ita juga menjelaskan kondisi cedera atletnya Rifda Irfanaluthfi. Federasi yang dipimpin Ita Yulianti Irawan ini menekankan tak ada pengabaian terhadap Rifda dalam mewujudkan misi lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris. Semua pihak, baik federasi hingga pemerintah telah memberikan support penuh kepada Rifda untuk merealisasikan ambisi tersebut.

Ita mengatakan, pihaknya telah mengetahui cedera Rifda selepas SEA Games 2021 Vietnam. Usai bertanding di SEA Games, PB Persani juga sempat mengadakan pertemuan bersama Rifda, orang tua, pelatih, manajer bidang prestasi, serta dokter Tim Indonesia untuk SEA Games untuk membahas kondisi Rifda serta program turnamen yang wajib diikuti demi meloloskan Rifda tampil di Paris.

“Kami tanya kemauan Rifda apa? Ia menyampaikan ingin lolos Olimpiade, yang kualifikasi pertamanya di World Championship Liverpool. Namun ada aturan baru bahwa semua atlet yang turun di Liverpool harus mengikuti turnamen kontinental. Artinya Rifda harus turun di Asia Championship Doha pada 15-18 Juni ini,” kata Ita.

“Pelatih saat itu juga menyampaikan akan ada konsekuensi yang harus diambil Rifda terkait kondisi cedera serta event-event yang akan diikutinya dalam rangka lolos Olimpiade. Rifda katakan tetap ingin turun di Liverpool,” tambah Ita.

Atas tekad Rifda tersebut, PB Persani meminta pendapat dokter Tim Indonesia untuk SEA Games terkait kesiapan fisik anak asuhnya bekaitan dengan cederanya. Dokter mengatakan kondisi Rifda memungkinkan tampil di Doha, dengan catatan tetap harus menjalani terapi karena selama SEA Games pun Rifda juga mendapat penanganan dari Tim Medis CdM Tim Indonesia.

Halaman:

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hasil Indonesia vs Curacao, Garuda Menang 2-1

Selasa, 27 September 2022 | 22:24 WIB
X