Preview UEFA Nations League, Portugal vs Rep Ceko: Waspada Kuda Hitam

- Rabu, 8 Juni 2022 | 22:34 WIB
Fernando Santos
Fernando Santos

Lisbon, HanTer - Waspada. Sebuah sikap yang digelorakan Fernando Santos kepada para pemain Portugal jelang mengarungi pekan ke-3 UEFA Nations League (UNL) A Grup 2 melawan Republik Ceko di Jose Alvalade, Lisbon, Jumat (10/6/2022) dini hari WIB.

Santos selaku juru taktik Portugal tak ingin pasukannya menjadi korban berikutnya saat mereka menghadapi Republik Ceko yang notabene berstatus kuda hitam. Kemenangan menjadi harga mati. Selain menjaga harga diri, tentu raihan tiga angka akan memantapkan posisi mereka di puncak klasemen.

Saat ini Portugal dan Republik Ceko sama-sama mengoleksi empat angka dari dua laga yang telah dilalui. Selecao das Quinas, julukan Portugal, berhak bercokol di puncak klasemen lantaran unggul dalam produktivitas gol.

Namun tak bisa dipungkiri Portugal terancam lengser dari posisinya andai kalah ditangan Republik Ceko. Untuk mencegah menuai hasil buruk dihadapan para pendukungnya, Santos menginstruksikan kepada seluruh pemain untuk mengerahkan performa terbaiknya.

Ia sadar Ceko merupakan sebuah ancaman nyata bagi Selecao das Quinas. Itu dibuktikan ketika calon lawan berhasil menumbangkan Swiss dengan skor 2-1 pada pekan pertama serta menahan imbang Spanyol 2-2 pada pekan kedua di Praha.

Dalam pantauannya, Santos mengatakan bahwa Ceko acap melakukan beberapa perubahan dari sektor formasi. Skuad asuhan Jaorslav Silhavy memang gemar menggunakan pakem 3-4-1-2. Akan tetapi situasi bisa berubah sesuai dengan keadaan.

Adapun bila Ceko berhasil membobol gawang lawan, mereka akan menerapkan skema bertahan dengan pakem 5-4-1. Selain itu, lanjut Santos, Ceko cukup matang dalam kolektivitas. Mereka kompak dalam bekerja menutup setiap ruang dan pergerakan pemain lawan.

"Mereka sangat terorganisir secara struktural, bermain di ruang 20 atau 25 meter, selalu bersama dan selalu turun bersama. Anda harus bersabar untuk menemukan momen dan ruang yang tepat," kata Santos dikutip laman Postsen.

"Kami akan mencari beberapa opsi mengenai strategi untuk melawan mereka. Kami harus bersabar untuk menemukan momen dan ruan yang tepat dalam mencetak gol. Caranya dengan melakukan proses menyerang secara sederhana," jelasnya menambahkan.

Halaman:

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Terkini

Jadwal Indonesia Masters 2023 Memasuki Hari Ketiga

Kamis, 26 Januari 2023 | 13:50 WIB

Sam Allardyce Ungkap Bobroknya Performa Everton

Kamis, 26 Januari 2023 | 08:25 WIB

Danau Toba Siap Sukseskan F1 Powerboat 2023

Rabu, 25 Januari 2023 | 19:13 WIB
X