• Kamis, 1 Desember 2022

Preview Kualifikasi Piala Asia 2023, Kuwait vs Indonesia: Ajang Tebus Janji

- Rabu, 8 Juni 2022 | 16:23 WIB
Shin Tae-yong
Shin Tae-yong

Jakarta, HanTer - Timnas Indonesia akan melakoni pekan pertama Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan menghadapi tuan rumah Kuwait di Jaber Al Ahmad Stadium, Kuwait City, Rabu (8/6/2022) malam WIB.

Laga menghadapi Kuwait akan menjadi ajang bukti bagi Shin Tae-yong selaku juru taktik Timnas Indonesia. Sebab, tak bisa dipungkiri hasil imbang tanpa gol saat menghadapi Bangladesh dalam laga persahabatan FIFA Match Day beberapa waktu lalu melahirkan kritik tajam.

Ya, melawan Bangladesh, Indonesia gagal menang dan juga tidak menampilkan performa terbaik. Kolektivitas belum terlalu padu. Hal itu menjadi sorotan terhadap Shin Tae-yong dari para pecinta sepakbola Tanah Air.

Tak ayal beban tinggi kini berada di pundak juru taktik asal Korea. Ditambah, rangkaian hasil kurang maksimal bersama Timnas U-23 di SEA Games 2021 juga menjadi catatan penting bagi Shin untuk terus membangun kekuatan baru timnas Indonesia.

Berbicara ihwal Kuwait, calon lawan pertama yang akan dilakoni Timnas Indonesia, mereka berada di peringkat 146 dalam ranking FIFA. Dengan kata lain, Kuwait berada diatas Indonesia yang saat ini menduduki ranking 159.

Namun sebelum bertolak ke Kuwait, tepatnya purna laga kontra Bangladesh, Shin menegaskan bahwa bola itu bundar. Ia yakin hasil positif mampu dipetik skuad Garuda, julukan Timnas Indonesia saat tampil di markas lawan.

"Bola itu bundar, pastinya kita akan bekerja maksimal melawan Kuwait, Yordania, dan Nepal. Apalagi kita memang di pot 3, ada pot 1, 2, yang lebih bagus dari kita. Begitu tiba di Kuwait, akan mempersiapkan tim dengan benar-benar matang," kata Shin, awal Juni lalu.

Sebagaimana diketahui, Indonesia akan berjuang untuk melangkahkan kaki ke Piala Asia 2023. Namun untuk mewujudkan target, skuad Shin wajib melewati beberapa pertandingan di Grup A.

Selepas melawan Kuwait, Marc Klok dan kolega akan ditantang Yordania pada akhir pekan nanti. Kemudian giliran Nepal yang akan mengukur kekuatan Garuda pada pekan terakhir Grup A, 15 Juni 2022. Adapun semua pertandingan terpusat di Kuwait.

Halaman:

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Terkini

Kroasia vs Belgia: Tensi Panas Lini Tengah

Kamis, 1 Desember 2022 | 07:56 WIB

Argentina dan Polandia ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 07:24 WIB

Polandia vs Argentina: Menang atau Tertendang

Rabu, 30 November 2022 | 07:58 WIB

Kompetisi Liga 1 Batal Berlanjut, Ini Alasannya

Rabu, 30 November 2022 | 07:27 WIB
X