• Rabu, 28 September 2022

Menpora Amali: Rakor Sepakati Kehadiran Penonton 75 Persen dari Kapasitas Stadion di Piala Presiden 2022

- Selasa, 7 Juni 2022 | 20:00 WIB
Menpora Amali (kanan) yang didampingi oleh Ketum PSSI M. Iriawan dalam konferensi pers usai rapat koordinasi penyelenggaraan Piala Presiden 2022 yang menyepakati kehadiran penonton 75 persen dari kapasitas Stadion
Menpora Amali (kanan) yang didampingi oleh Ketum PSSI M. Iriawan dalam konferensi pers usai rapat koordinasi penyelenggaraan Piala Presiden 2022 yang menyepakati kehadiran penonton 75 persen dari kapasitas Stadion

Jakarta, HanTer - Turnamen sepakbola pra-musim turnamen Piala dan Presiden 2022 pada tanggal 11 Juni hingga 17 Juli mendatang yang dibagi dalam empat kota selama fase grup, yakni Bandung, Solo, Malang Samarinda.

Namun sebelum gelaran tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali pada hari Selasa (7/6/2022) terlebih dahulu memimpin rapat koordinasi dengan pihak terkait, seperti PSSI, PT LIB sebagai operator pertandingan, Kementerian Kesehatan , pihak Kepolisian hingga BNPB.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Menpora Amali membahas persiapan pramusim Piala Presiden 2022 diantaranya hadir hadir di stadion, dimana kehadiran penonton merupakan hal yang pertama dilakukan setelah pandemi Covid-19, walaupun dalam beberapa pertandingan terkahir seperti FIFA Matchday 2022 antara Timnas Indonesia vs Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung lalu sudah mulai ada penonton.

"Kita mempersiapkan tentang persiapan untuk gelaran turnamen Pramusim Piala Presiden yang akan dimulai. Dan apa yang menjadi poin kami tadi adalah kehadiran penonton di lapangan," kata Menpora Amali kepada awak media usai menggelar rapat koordinasi.

Menpora Amali mengatakan, percobaan kehadiran di stadion ini karena situasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di tempat penyelenggaraan kegiatan sudah mulai baik dan Covid-19 melandai. "Mudah-mudahan ini akan sukses dan ini sekaligus menjadi ajang menyambut bergulirnya kompetisi musim 2022 2023," jelasnya.

Selain itu, Menpora Amali menilai kegiatan-kegiatan olahraga sepak bola yang digelar PSSI dan LIB mulai dari Piala Menpora 2021, Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022 sudah berjalan dengan baik dan menerapkan protokol kesehatan dan disiplin.

"Alhamdulillah karena kedisiplinan dari semua pihak PSSI sangat ketat protokol kesehatannya, penyelenggara LIB juga sangat ketat. Kemudian bantuan dari berbagai pemangku kepentingan mulai dari Kepolisian, TNI, BNPB, Tenaga Kesehatan, serta Dinas Kesehatan di tempat-tempat penyelenggaraan kegiatan. ada yang awalnya dikhawatirkan publik nanti akan menjadi kluster (Covid-19). Alhamdulillah tidak ada," ujarnya.

"Dengan pengalaman itu, maka kita akan melanjutkan semua yang sudah pernah dilaksanakan pada saat-saat mulai dari Turnamen Pramusim Piala Menpora, Liga 1 dan Liga 2 menjadi bekal buat penyelenggara untuk melaksanakannya," lanjutnya.

Pada bagiannya, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Menpora Amali yang telah memimpin rakor dan memutuskan ada penonton di stadion pada Piala Presiden. "Ini keputusan strategi yang ditunggu-tunggu publik sepakbola. Saya yakin pendukung akan bahagia dan gembira dengan keputusan ini," ucapnya.

Halaman:

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hasil Indonesia vs Curacao, Garuda Menang 2-1

Selasa, 27 September 2022 | 22:24 WIB
X