• Jumat, 9 Desember 2022

Raih Emas Kedua, CdM Sebut Rifda Jauh Lebih Baik dari Anak Amerika

- Senin, 16 Mei 2022 | 22:52 WIB
Rifda Irfanaluthfi
Rifda Irfanaluthfi

Hanoi, HanTer - Keputusan Tim Review Percepatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) memilih Rifda Irfanaluthfi sangat tepat untuk tampil di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, mewakili Indonesia melalui cabang olaraga senam. Performa Rifda yang memukau dengan meraih dua emas tersebut mendapat apresiasi Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Ferry Kono.

Bukan hanya itu saja, Ferry Kono yang juga sebagai Sekjen Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) mengaku bangga karena saksi hidup perjuangan Rifda saat turun di nomor semua.

"Salah satu kompetitor dari Filipina (Aleah) tadi adalah anak Amerika dengan paspor ganda. Namun menurut saya, Rifda jauh lebih baik," kata Ferry Kono.

Di SEA Games 2021 Vietnam ini, Rifda Irfanaluthfi bisa tersenyum lega. Rasa penasarannya untuk menjadi yang terbaik pada dua nomor senam artistik, seperti all around dan floor exercise, sudah terpenuhi.

Rifda bahagia luar biasa ketika namanya terpampang di urutan teratas nomor latihan papan skor di Quan Ngua Sports Palace, pada Senin (16/5/2022). Ini adalah medali emas kedua yang didapatkan di Vietnam, setelah tampil terbaik di nomor sebelumnya dan urutan ketiga ketiga nomor vault table.

Bagi Rifda dua emas yang akan dibawanya ke Tanah Air besok membawakan barang besar. Bagaimana tidak, ini adalah kali pertama ia membawa pulang emas di nomor all around dan floor exercise di pesta olahraga multicabang kawasan Asia Tenggara. Hasil ini sekaligus menyempurnakan gairahnya menuju Olimpiade 2024 Paris.

“Saya sempat bilang ini SEA Games terakhir, tetapi bukan berarti pensiun. Justru saya ingin berprestasi lebih tinggi lagi, seperti Asian Games dan Olimpiade. Semoga bisa diberi kesehatan dan tidak ada cedera sehingga bisa ke Olimpiade 2024 Paris,” kata Rifda.

Turun di nomor floor exercise, Rifda berhak atas medali emas bersama usai membukukan nilai 12.700, angka yang sama dengan raihan Sasiwimon Mueangphuan. Perunggu diamankan tuan rumah Nhu Phuong Pham dengan Nilai 12.033.

Raihan ini menyempurnakan penampilannya di SEA Games. Dua hari lalu, Rifda turun di nomor all around, yang memperlombakan palang bertingkat (uneven bars), balok keseimbangan (balance beam), artistik lantai (floor exercise), kuda lompat (vaulting horse).

Halaman:

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Belanda vs Argentina: Siapa Bakal Pulang?

Jumat, 9 Desember 2022 | 06:44 WIB

Inggris Vs Prancis, Tiga Singa Rancang Taktik

Kamis, 8 Desember 2022 | 23:23 WIB

Eden Hazard Umumkan Pensiun dari Timnas Belgia

Kamis, 8 Desember 2022 | 15:15 WIB

Kroasia Vs Brasil, Dalic Kerahkan Kekuatan Terbaik

Kamis, 8 Desember 2022 | 13:10 WIB
X