• Sabtu, 1 Oktober 2022

Lampaui Target Emas SEA Games 2021, Kickboxing Dinilai Punya Potensi Prestasi di Ajang Internasional

- Senin, 16 Mei 2022 | 21:22 WIB
Deputi 3 Kemenpora Raden Isnanta mengalungkan bunga kepada kontingen Kickboxing Indonesia yang telah kembali ke Tanah Air
Deputi 3 Kemenpora Raden Isnanta mengalungkan bunga kepada kontingen Kickboxing Indonesia yang telah kembali ke Tanah Air

Tangerang, HanTer - Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam dari cabang olahraga Kickboxing telah kembali ke tanah air Minggu (15/5) kemarin. Cabor Kickboxing di SEA Games ini berhasil meraih prestasi dengan meraih 2 medali emas.

Kedatangan atlet Kickboxing yang berjumlah 12 orang ini disambut langsung oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Menurutnya dengan meraih 2 emas ini, Kickboxing sudah melebih target. "Itu melebih terget, karena Kickboxing targetnya 1 emas," ujar Raden Isnanta dikutip laman Kemenpora, Senin (16/5/2022).

Lebih lanjut Isnanta mengatakan bahwa cabor kickboxing adalah cabor baru bagi Indonesia karena baru dua kali berpartisipasi di SEA Games. "SEA Gemas Vietnam ini yang kedua, tapi berhasil meraih prestasi dengan meraih 2 medali emas," jelasnya.

"Buat saya ini sebuah lonjakan. Tapi ini logis karena Indonesia kalau urusan bela diri apalagi yang ada nuansa tinju punya potensi banyak. Jadi tinggal bagaimana kalau even-even tingkat Asia bahkan Olimpic jadi dipertandingkan, maka Indonesia sangat berpeluang meraih medali, karena bakat tinju Indonesia banyak," tambahnya.

"Tetapi prediksi saya ke depan Kickboxing adalah cabor yang akan digemari banyak negara sehingga menjadi cabor di Asia maupun dunia. Dengan demikian Indonesia harus memulai pembinaan dari sekarang sambil menunggu turnamen Kickboxing itu muncul," ucapnya.

Apalagi organisasi Kickboxing di Indonesia sudah mencapai di 22 provinsi. "Artinya ini sudah cukup untuk menyediakan atlet Kickboxing Indonesia. Semoga provinsi lain yang punya atlet bisa juga dikembangkan sehingga menjadi 34 provinsi," tutupnya.

Cabang olahraga yang baru dua kali berpartisipasi di SEA Games ini berhasil meraih prestasi dengan meraih 2 medali emas: Diandra Ariesta Pieter yang turun pada nomor Women's Full Contact -56 kg dan Amanda La Loupatty yang berlaga pada nomor Women's Low Kick -52 kg.

Selain 2 medali emas, Kickboxing juga membawakan 1 medali perak dari Salmri Stendra Pattisamallo yang turun pada nomor Men's Full Contact -51 kg, serta medali perunggu yang dipersembahkan oleh Nadya Nakhoir dari nomor Women's Full Contact -48 kg.

Halaman:

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jam Kick Off Persib vs Persija Dimajukan

Rabu, 28 September 2022 | 16:51 WIB

Hasil Indonesia vs Curacao, Garuda Menang 2-1

Selasa, 27 September 2022 | 22:24 WIB
X