• Senin, 5 Desember 2022

SEA Games 2021 Hanoi Vietnam Resmi Dibuka

- Kamis, 12 Mei 2022 | 23:54 WIB
Chef de Mission (CdM) Ferry Kono saat memimpin kontingen Indonesia dalam acara pembukaan
Chef de Mission (CdM) Ferry Kono saat memimpin kontingen Indonesia dalam acara pembukaan

Hanoi, HanTer - SEA Games 2021 Hanoi resmi dibuka, pada hari Kamis (12/5/2022) malam. Stadion My Dinh Hanoi yang menjadi lokasi pembukaan diwarnai dengan berbagai pertunjukan seni.

Opening ceremony dibagi menjadi tiga bagian. Yang pertama, berjudul "Vietnam Ramah". Acara hitung mundur bersama dengan pemetaan dan pertunjukan grafik virtual. Tarian menampilkan simbol Vietnam seperti bambu dan teratai.

Pada bagian kedua, mengambil tema "Asia Tenggara Kuat", menampilkan kekuatan komunitas ASEAN yang dipadukan dengan penampilan pertunjukan seni.

Bagian ketiga, berjudul "Shining Southeast Asia", menampilkan lebih banyak pertunjukan dan upacara estafet obor, yang mewakili kolaborasi dan persatuan antara Vietnam dan negara-negara ASEAN lainnya untuk membangun komunitas yang kuat di panggung global.

Lebih dari 5.000 atlet menghadiri acara tersebut, dan 31 perwakilan dari masing-masing negara bergabung dalam defile kontingen.

Kontingen Indonesia dipimpin oleh Chef de Mission (CdM) Ferry Kono. Dia didampingi 29 atlet dari empat cabang olahraga yakni atletik, renang, jujitsu dan esports serta didampingi lima perwakilan headquarter. Ferry berjalan di depan bersama flag bearer Emilia Nova. Kontingen Indonesia mengedepankan budaya dengan tampilan candi Borobudur menjadi latar belakang.

Setelah Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc menyampaikan pidato untuk secara resmi membuka acara olahraga regional, kembang api meledak di Stadion My Dinh. Upacara ditutup dengan penampilan musik dari lagu resmi SEA Games 31 "Let's Shine".

Seperti pada pembukaan multi event lainnya, peresmian ini diwarnai dengan peluncuran kembang api. Masyarakat di dalam maupun luar stadion pun menyambut kemeriahan ini.

Ini akan menjadi kedua kalinya Vietnam sebagai tuan rumah SEA Games setelah tahun 2003. Karena dampak pandemi Covid-19, event harus ditunda setengah tahun dari tanggal semula pada Desember 2021.

Beberapa pertandingan telah berlangsung sebelum upacara pembukaan. Termasuk sepak bola putra dan putri, loncat indah, dayung, kurash, dan pencak silat, bahkan suda memperebutkan medali.

Sejauh ini, tuan ruma Vietnam telah merebut 27 medali, diantaranya 10 emas, tujuh perak dan 1o perunggu, menempatkan negara itu di puncak perolehan medali sementara. Pertandingan dan turnamen dari 40 olahraga, dengan 4.000 medali yang akan diberikan, akan berlangsung di 12 wilayah Vietnam utara.

Ketua KOI/ NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari memberikan sambutan yang hangat kepada panitia penyelenggara karena malam ini mereka bisa menghadirkan opening ceremony dengan full capacity penonton di stadion.

"Untuk kali pertama dalam tiga tahun, kita dapat melihat opening ceremony multi event regional di masa pandemi dengan  kapasitas penonton yang memadati stadion," ucapnya.

"Di samping itu, saya sangat bangga melihat parade defile yang ditampilkan Tim Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam. Mereka tampil percaya diri, sangat gagah dan sangat stylist. Semoga dengan gegap pembukaan yang luar biasa ini, Tim Indonesia dapat meraih prestasi terbaik mereka di SEA Games Vietnam," pungkasnya.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Target Indonesia Raih 6 Emas di Kejuaraan WJWC 2022

Minggu, 4 Desember 2022 | 22:15 WIB

Belanda vs AS Siapa Menang Ini Catatannya

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:51 WIB

Serbia vs Swiss: Misi Ganda Orlovi

Jumat, 2 Desember 2022 | 08:32 WIB

Rice Mulai Sesumbar Inggris Favorit Juara

Jumat, 2 Desember 2022 | 07:26 WIB
X