• Senin, 5 Desember 2022

SEA Games 2021 Hanoi Extraordinary dan Sasaran Antara Menuju Asian Games dan Olimpiade

- Kamis, 12 Mei 2022 | 01:14 WIB
Ramah tamah bersama Duta Besar Republik Indonesia untuk Vietnam Denny Abdi, jelang SEA Games 2021 Hanoi.
Ramah tamah bersama Duta Besar Republik Indonesia untuk Vietnam Denny Abdi, jelang SEA Games 2021 Hanoi.

Hanoi, HanTer - Ketua Komite Olahraga Indonesia/NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari menyebut jika SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam ini terbilang unik dan extraordinary. Hal itu diungkapkannya disela-sela acara Welcoming Dinner dan Ramah Tamah bersama Duta Besar Republik Indonesia untuk Vietnam Denny Abdi, Rabu (11/5/2022) malam.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Okto itu mengatakan jika mencermati amanah Presiden Joko widodo di acara pelepasan pada Senin lalu menyebut, bahwa kalau dulu Indoneisa diranking lima, kemudian naik ke posisi empat, sehingga harapannya terus naik ke tempat ketiga, dua serta juara umum.

Menurut Okto, Presiden Joko Widodo tidak memerintahkan kita untuk dapat ranking tiga. "Kenapa?, karena memang kita semua menyadari persiapan yang sangat pendek dan situasi yang memang berubah yang seharusnya berlangsung pada tahun 2021 dipindahkan ke 2022, itupun last minute baru dikasih tau bahwa SEA Games ini jadi, sehingga kita tidak memberikan beban kepada para atlet," ucapnya kepada awak media.

Meski dianggap SEA Games 2021 Hanoi ini sebagai extraordinary, namu terpilihnya para atlet yang menjadi wakil Indonesia di pesta olahraga dua tahunan negara-negara se-Asia Tenggara ini telah melalui proses seleksi yang ketat dengan pengukuran para atlet yang akan mendapatkan medali emas, perak maupun perunggu, ini dibuktikan melalui hasil analisa dari tim analisa yang hasilnya kira-kira sementara ini hampir 90 persen tepat.

Ya, pada H-1 SEA Games 2021 Hanoi resmi di buka, Indonesia berhasil meraih setidaknya tiga emas, empat perak dan satu perunggu dengan bertengger di posisi tiga klasemen sementara dibawah tuan rumah Vietnam dan Malaysia. Okto pun berharap, selepas pembukaan, atlet Indonesia bisa tampil lebih maksimal untuk menambah pundi-pundi medali emas.

"Mudah-mudahan kedepannya para atlet kita bisa tampil maksimal dan kami yakin bahwa kalau semuanya fokus, kita bisa mendapatkan yang lebih baik lagi daripada perencanaan yang kita buat, karena dari perencanaan yang kita buat, ada yang dapat emas, perak maupun perunggu, namun dalam setiap pertandingan, yang proyeksi perunggu bisa dapat perak, yang proyeksikan perak bisa dapat emas, begitu juga sebaliknya," pungkasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Chandra Bhakti, menyebut jika ajang SEA Games ini hanya sasaran antara saja, sedangkan target utama dalam pembinaan olahraga Indonesia adalah Olimpiade, setelah pemerintah dalam hal ini Kemenpora telah menyiapkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), dimana orientasinya dunia.

"Ini suatu awal yang baik, di mana di awal kita sudah mampu mengasilkan medali emas dari cabor dayung dan pencak silat, sehingga ini menjadi motivasi bagi par atlet Indoesia lainnya yang tampil di SEA Games 2021 Hanoi ini, sehingga kita harus mendukungnya dari segala lini," ucap Chandra Bhakti.

Lebih lanjut, Chandra Bhakti mengatakan jika SEA Games kali ini merupakan sasaran antara menuju Asian Games dan Olimpiade, seingga ini menjadi titik awal dari DBON yang akan mereview total pembinaan olahraga nasional.

Halaman:

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Target Indonesia Raih 6 Emas di Kejuaraan WJWC 2022

Minggu, 4 Desember 2022 | 22:15 WIB

Belanda vs AS Siapa Menang Ini Catatannya

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:51 WIB
X